Wali Kota Jaktim Tebar 75 Ribu Benih Ikan Nila di Rawa Badung

Jakarta |
Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin penebaran benih ikan (restocking) di Situ Rawa Badung, Jalan Dr KRT Radjiman Wiryodiningrat RW 08 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jumat (9/2). Sebanyak 75 ribu benih ikan nila gift ditebar di situ yang luasnya 5 hektar tersebut.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur bermaksud menyejahterakan masyarakat sekitar fasilitas resapan air tersebut. Di samping juga memberikan edukasi kepada seluruh warga agar menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem perairan umum.

Pada kesempatan itu Walikota menyatakan penghargaannya atas kepedulian Sudin KPKP Jaktim tersebut.
“Saya sangat mengapresiasi penebaran benih ikan ini. Dengan jumlah 75 ribu ekor ikan ini sangat positif untuk dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat,” katanya.

Walikota berjanji akan lebih banyak lagi menebar benih ikan di semua resapan air yang ada di Kota Jakarta Timur.
”Targetnya ada lima belas titik situ, danau dan waduk yang akan ditebari bibit ikan semacam ini,” ujarnya.

Sebab, sambung Bambang, ikan nila dinilai sangat cocok hidup di waduk karena daya tahannya lebih kuat dibanding jenis ikan lainya dan lebih cepat berkembang biak. “Juga kaya protein dan gizi yang nantinya dapat dikonsumsi oleh masyarakat banyak,” tuturnya.

Lebih lanjut Wali Kota Bambang akan mengagendakan Rawa Badung sebagai tempat wisata air yang tiap tahun terutama dalam kesempatan peringatan HUT Kota Jakarta dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dapat diselenggarakan berbagai event yang menarik, antara lain lomba memancing.

“Saya harapkan agar seluruh masyarakat dapat menjaganya. Boleh menangkap ikan pada waktu yang telah ditentukan. Idealnya, tiga bulan ke depan. Namun hanya dengan pancingan, tidak boleh dengan jala, apalagi menyetrumnya ” tandas Pak Wali sambil menganjurkan agar pinggir rawa itu dihijaukan dengan tanaman bermanfaat.

Ketua LMK Kelurahan Jatinegara Anshori mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Jakarta Timur. Menurutnya dengan adanya penebaran benih ikan ini banyak memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat.

Ikut menebarkan benih ikan bersama Walikota di antaranya pimpinan dan staf Sudin KPKP Jaktim, Camat Cakung Alamsah dan Lurah Jatinegara dan tokoh masyarakat setempat.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.