TNI-SAF Gelar Latihan Penanggulangan Aksi Terorisme Bersama di Jakarta

Jakarta |
Delegasi TNI dan Delegasi Singapore Armed Forces (SAF) melaksanakan latihan bersama Staff Exercise Counter Terrorism (STAFFEX CT) tahun 2018, di Hotel JW Marriott Jakarta, Selasa (4/12).

Latihan bersama dilakukan dalam rangka meningkatkan interoperability staf operasi untuk penanggulangan aksi terorisme di wilayah Indonesia dan Singapura.

Ketua Delegasi Indonesia Kolonel Inf Rudi Hermawan yang sekaligus bertindak selaku Direktur Latihan menyampaikan, bahwa STAFFEX CT TNI-SAF tahun 2018 ini difokuskan latihan pada bidang penanggulangan terorisme dan keamanan laut serta mempertajam pelaksanaan komunikasi, information sharing dan koordinasi antara TNI dengan SAF.

Latihan bersama TNI – SAF tahun 2018 ini, sambung Kolonel Inf Rudi Hermawan,  dapat mencapai sasaran yang kita kehendaki bersama yaitu meningkatkan kerja sama bilateral dan hubungan antara TNI dan SAF.

“Selain itu meningkatkan respons terhadap kesiapan unit penanggulangan terorisme dengan meningkatkan interoperabilitas TNI-SAF melalui upaya kolaborasi bilateral dan regional yang efektif,” tambahnya.

Dalam kegiatan latihan bersama STAFFEX CT tahun 2018 direncanakan menggunakan metode latihan tingkat staf.

Latihan ini akan melibatkan proses perencanaan operasi penanggulangan terorisme internal dan proses information sharing serta koordinasi dalam rangka menyinergikan cara bertindak yang realistis berdasarkan skenario yang telah disepakati bersama antara TNI-SAF.

Dalam latihan bersama STAFFEX CT tahun 2018 ini delegasi Singapore Armed Forces (SAF) dipimpin oleh Kolonel Lim Kok Hong dengan melibatkan sejumlah personel dalam mengikuti latihan yang akan berlangsung sampai dengan 6 Desember 2018.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Puspen TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: