Tinjau Hidroponik di RW 10 Baktijaya, Endah Winarti: Luar Biasa, Wajar Bisa Dapat Penghargaan Proklim

Depok |
Luar bisa teman-teman pengurus dan warga di lingkungan Rukun Warga (RW) 10 karena bisa mewujudkan budidaya tanaman sayur-sayuran dengan cara hidroponik, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat setempat.

Hal itu diutarakan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok dari Fraksi Partai Demokrat Endah Winarti, saat meninjau tanaman hidroponik di lingkungan RW 10 Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok Timur, Jawa Barat, Jumat (23/10).

Dirinya mengapresiasi atas upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh pengurus lingkungan RW 10 yang bisa sukses bercocok tanam sayur-sayuran yang pasti dijamin kebersihan dan higienis karena ditanam sendiri.

“Saya apresiasi para pengurus dan warga di sini yang bisa mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri dengan berbagai macam pohon dan sayuran,” ujarnya, didampingi Ketua RW 10 Isrowendi dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) RW 10 Yetty Ernawaty.

Oleh karena itu, sambungnya, menurutnya sangat tepat jika lingkungan yang lokasinya berdekatan dengan Stadion Sepak Bola Mahakam Depok Timur itu dapat memenangkan penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Pemerintah kota (Pemkot) Depok.

“Jadi jelas saja wilayah RW 10 Kelurahan Baktijaya bisa memenangkan penghargaan ProKlim dari pemerintah, karena memang mampu mewujudkan itu. Semoga ini bisa ditiru bagi wilayah lainnya,” sebut politisi yang akrab disapa Bunda Endah itu.

Dirinya juga memuji sosok Ketua RW 10 Isrowendi, yang telah berupaya menggerakan lingkungannya dalam menjalankan program penghijauan pemerintah dengan serius.

“Salut untuk Pak RW Isrowendi, yang sudah lama saya kenal, sahabat saya. Saya ucapkan selamat dan sukses selalu,” ucapnya dengan penuh sumringah.

Kedepan Endah Winarti berharap kepada warga Kota Depok, jika di wilayahnya tersedia lahan kosong agar ditanami sayur sayuran yang dapat diambil manfaatnya bagi kesehatan.

“Kalau ada lahan kosong mari kita tanami sayur-sayuran yang bermanfaat untuk keluarga. Ini sudah dijamin non pestisida dan betul-betul tanaman organik,” pungkasnya.

Usai menijau beberapa pohon hidroponik, Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi Partai Demokrat itu sempat memetik beberapa sayuran hasil tanam sebagai simbolis kemudian meninggalkan lokasi sekitar pukul 15.10 WIB.

Sebelumnya Camat Sukmajaya Tito Ahmad Riyadi didampingi Lurah Baktijaya Raden Iwan Heru Kusuma meninjau hasil tanaman hidroponik wilayah RW 10 Kelurahan Baktijaya pada hari Senin (19/10) lalu.

Lingkungan RW 10 Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya pernah dua kali menyabet sertifikat penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Komplek Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) Blok 23 yang terletak di sebelah barat Kelurahan Baktijaya dengan tujuh Rukun Tetangga (RT) itu memenangkan penghargaan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas di tahun 2018 dan tahun 2019.

Berita: Mh | Foto: Ist./Mh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: