Tingkatkan Capaian Vaksin, BINDA Bali Sasar Pesisir Jembrana

Jembrana l
Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Bali, Sabtu (27/11), menggelar vaksinasi Covid-19 massal di Kabupaten Jembrana, Bali, dengan sasaran masyarakat pesisir, Desa Pengambengan
.

Desa Pengambengan merupakan salah satu wilayah di Jembrana yang capaian vaksin terus dikejar baik itu gebyar vaksinasi maupun dari rumah ke rumah (door to door).

Kepala Badan Intelejen Negara Daerah Bali (Kabinda Bali) Brigjen Pol Hadi Purnomo secara langsung turut dalam memantau pelaksanaan vaksinasi massal yang dipusatkan di kantor Desa Pengambengan.

Vaksinasi yang melibatkan berbagai unsur baik dari Kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Aparat Desa, Nahdlatul Ulama (NU), serta organisasi lainnya merupakan upaya Binda Bali dalam melakukan percepatan vaksinasi di setiap daerah di Bali.

Selain di kantor desa, petugas gabungan juga melakukan upaya vaksinasi door to door ke rumah warga di wilayah pesisir maupun melakuka operasi yustisi bagi setiap warga yang akan melalui Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pengambengan.

Kabinda Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo memantau langsung pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Ad/Ist.)

Kabinda Bali yang juga mantan Direktur Kepolisian Perairan (Dirpolair) Polda Bali menyebutkan dari pantauan untuk Jembrana dosis I vaksinasi sudah mencapai 98 persen. Sedangkan dosis II masih di angka 79 persen. Terkait hal tersebut secara keseluruhan untuk Bali sendiri sudah mencapai 115 persen tahap I dan 88 persen tahap II.

“Pengambengan kami pilih karena angka presentase masih cukup kurang. Jadi hari ini upaya vaksinasi massal selain di kantor desa, kami juga lakukan secara door to door,” ujar Hadi Purnomo.

(Foto: Ad/Ist.)

Secara umum, sambungnya, vaksinasi massal dilakukan serentak di 34 Provinsi dan sudah 11 kali dilaksanakan. Khusus di Jembrana menurutnya disediakan sekitar 1250 dosis vaksin. “Diantaranya vaksin jenis Sinovac 1000 dosis dan sisanya Astrazenecca 250 dosis,” jelas Hadi.

Menurutnya dosis vaksin ini merupakan persediaan dari Pemprov dan Pemkab Jembrana untuk masyarakat secara gratis. Untuk menarik minat warga divaksin, vaksinasi massal juga memberikan hadiah door prize serta sembako yang merupakan bantuan pemerintah daerah Kabupaten Jembrana.

“Door prize ini merupakan stimulus untuk menarik massa datang serta mau divaksin,” ungkap Kabinda Bali itu.

(Foto: Ad/Ist.)

Brigjen Pol Hadi Purnomo menyampaikan terimakasih kepada seluruh komponen yang ikut menyukseskan vaksinasi massal ini. “Baik dari instansi terkait hingga organisasi masyarakat kelompok seperti NU, Muhamadiyah, Forum Komunikasi Remaja Hindu (FKRH), maupun BMJ,” pungkasnya.

Selain Kabinda Bali, pelaksanaan vaksinasi massal juga dipantau Dandim 1617/Jembrana, Kapolres Jembrana, Yonif 741/GN, Perbekel Desa Pengambengan, Kapolres Jembrana, Kapolsek Negara, juga Kepala Dinas Kesehatan Jembrana I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata.

Berita: Ad/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: