Sugianto Sabran dan Edy Pratowo Dilantik sebagai Gubernur dan Wagub Kalteng Periode 2021-2024

Jakarta |
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah Sugianto Sabran dan Edy Pratowo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk masa jabatan 2021-2024, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5).

Pasangan terpilih terlebih dahulu menerima petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) di Istana Merdeka, Jakarta. Kemudian, bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dengan didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, gubernur dan wagub terpilih melakukan prosesi kirab menuju Istana Negara.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Keppres Nomor 76P Tahun 2021 tentang pengesahan pemberhentian dan pengangkatan Gubernur dan Wagub Kalteng yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 5 Mei 2021 oleh Presiden Jokowi.

Setelah pembacaan Keppres, dilakukan pengucapan sumpah dan janji jabatan oleh para pejabat yang dilantik di hadapan Presiden Jokowi yang disaksikan rohaniwan.

Usai pembacaan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti kedua kepala daerah, acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh presiden dan wapres untuk selanjutnya diikuti oleh para undangan terbatas.

Usai pelantikan, Gubernur Sugianto didampingi Wagub Edy menyampaikan keterangan persnya. Sugianto mengungkapkan, Presiden Jokowi berbicara mengenai pengendalian COVID-19 di Provinsi Kalteng yang sangat penting agar ekonomi dapat tumbuh.

“Dan dalam seratus hari kerja, kami tetap bekerja seperti biasa, yaitu di samping pengendalian COVID-19, perekonomian baik untuk UKM tetap pembangunan dalam bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, dan pembangunan ekonomi masyarakat secara luas di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Dalam pelantikan ini, Presiden dan Wakil Presiden didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Berita: Red | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: