Selama Perhelatan KTT G20 Polisi Terapkan Ganjil-Genap di 10 Ruas Jalan

Denpasar |
Selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, polisi menerapkan sistem ganjil genap di sepuluh ruas jalan di Bali yang mulai diberlakukan sejak Jumat (11/11) sampai dengan Jumat (17/11) mendatang.

Sepuluh ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap antara lain di sepanjang Jalan By Pass Ngurah Rai hingga Nusa Dua dan diterapkan mulai pukul 06.00-22.00 WITA.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, Korlantas juga telah berkoordinasi untuk merancang manajemen traffic (rekayasa lalu lintas). Menurutnya aturan ini merupakan wujud kesiapan Korlantas mengamankan KTT G20.

“Manajemen traffic sudah dilaksanakan, direncanakan memang sudah dari beberapa rapat koordinasi kementerian. Tanggal 11-17 November 2022 ada manajemen traffic untuk waktu dan rute ruas jalan tertentu di Bali,” ujarnya, Kamis (10/11).

Selaku Kakorlantas Polri, Irjen Firman meminta masyarakat mematuhi aturan ganjil genap yang berlaku. Sebab, hal itu bisa menunjang suksesnya pelaksanaan KTT G20 di Bali.

”Informasi ruas jalan ini penting, terutama untuk warga dan wisatawan yang hendak melintas,” tutupnya.

Berikut ruas jalan yang diterapkan ganjil genap G20 Jumat (11/11), yaitu Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur, Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran, Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai, Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua, Simpang Pesanggaran-Gerbang Benoa, Simpang Lapangan Terbang (Denpasar)-Tugu Ngurah Rai, Jimbaran-Uluwatu, Jalan Tol Bali Mandara, Jalan Uluwatu II, dan Jalan Raya Kampus Udayana.

Pelanggar Tidak Ditilang

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (Kasat PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali AKBP Made Suarjana mnyampaikan meski dipantau melalui kamera pengawas tilang elektronik, pengendara yang melanggar tidak dikenakan tilang dalam pemberlakuan sistem ganjil genap saat pelaksanaan KTT G20.

“Oh tidak (ada tindakan penilangan), hanya sosialisasi, mengimbau masyarakat harus ikut membantu dan mendukung pelaksanaan KTT G20, sehingga semua berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman,” tandasnya.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.