Resmi Dilantik, Anggota DPR RI 2019-2024 Bersumpah Utamakan Kepentingan Bangsa dan Negara

Jakarta |
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) periode 2019-2024 resmi dilantik dan disumpah dalam Rapat Paripurna ke 1 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Pengambilan sumpah dan janji dipimpin oleh Pimpinan DPR RI Sementara Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD) dan anggota termuda Hillary Brigitta Lasut dari Fraksi Partai NasionalisDemokrat (Nasdem).

Sebelumnya pemilihan Pimpinan DPR RI Sementara ditetapkan oleh Komisi pemilihan Umum (KPU) berdasarkan usia.

Pengambilan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali. Semua anggota DPR RI secara bersama-sama melafalkan sumpah sebelum resmi menjabat sebagai anggota parlemen.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945,” ucap Ketua MA yang diikuti oleh para anggota dewan.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan,” ucap mereka.  

“Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur mereka.

Terdapat 2 anggota kabinet kerja yang dilantik menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024, yaitu mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan mantan Menteri Hukum dan HAM (Menjumham) Yasonna H. Laoly.

Disamping itu, tampak mantan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi yang juga turun dan dilantik sebagai anggota DPR-RI.

Usai pelantikan anggota DPR-RI, acara dilanjutkan pelantikan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) periode 2019-2024, dan disusul pelantikan anggota Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024.

Acara pelantikan anggota DPR-RI, DPD RI, dan MPR RI periode 2019-2024 itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Jusuf Kall (JK), mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, para menteri kabinet kerja, pimpinan lembaga negara, dan para duta besar negara sahabat.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: