Polri dan AFP Kerja Sama Berantas Kejahatan Transnasional

Jakarta |
Pejabat Tinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Australian Federal Police (AFP)/Kepolisian Federal Australia menggelar pertemuan bilateral di ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth, Australia, Senin (9/4).

Pertemuan yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kepala AFP Andrew Covin, difokuskan kepada pembahasan mengenai upaya bersama kedua Negara dalam mencegah dan memberantas kejahatan transnasional.

Dalam sambutannya, Kapolri Tito Karnavian menyampaikan beberapa kejahatan transnasional yang memerlukan kerja sama yang erat, antara lain kejahatan korupsi, eksploitasi seksual anak, terorisme, kejahatan dunia maya dan penyelundupan orang serta kejahatan terorganisir lainnya.

Terkait terorisme Tito menyampaikan bahwa terorisme merupakan musuh besar, mengingat dampaknya bagi keamanan dan kesejahteraan negara.

Ditegaskan juga oleh Tito, terorisme merupakan bahaya laten yang dapat timbul kapanpun dan dimanapun terlebih didukung kemajuan teknologi dan media sosial (medsos).

“Diperlukan langkah-langkah yang nyata dalam memberantas berbagai kejahatan transnasional,” kata Kapolri dikutip portal resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Selasa (10/4).

Khusus Indonesia, sambung Tito, tantangan dan ancaman lain yang dihadapi terkait peningkatan faham radikalisme. Dirinya berharap pertemuan seperti ini tidak hanya sekedar pertukaran informasi.

“Harapan saya pertemuan seperti ini tidak hanya sekedar pertukaran informasi, tapi betul-betul ada kesepakatan untuk mengimplementasikan dan memperkuat kerja sama yang ada” tuturnya.

Sementara itu Kepala AFP Andrew Covin menyampaikan pentingnya kolaborasi bersama kedua negara dalam mengatasi ancaman keamanan baru di kawasan.

AFP, sebut Covin, tetap berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan Polri dalam mengatasi kejahatan lintas negara .

Keduanya menekankan pentingnya kerja Sama di semua tingkatkan dari  kedua institusi Polri dan AFP untuk mengatasi kejahatan transnasional.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/KJRI Perth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *