Petugas Berhasil Evakuasi Lagi Pengunjung Taman Nasional Gunung Rinjani

Jakarta |
Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Rabu (1/8) mengumumkan, bahwa Jumlah pengunjung yang berhasil diselamatkan oleh Tim Evakuasi di Taman Nasional Gunung Rinjani kini bertambah.

Kepala Balai TNGR Sudiyono mengatakan, pihaknya sudah melakukan penghitungan kembali. Sebelumnya jumlah pendaki yang telah dievakuasi hingga Selasa (31/7), keseluruhannya ada sebanyak 1.226 pendaki.

“Mengingat situasi di lapangan yang cukup sibuk saat evakuasi, sehingga menyebabkan informasi jumlah pengunjung yang berhasil dievakuasi masih terus berkembang hingga hari ini,” ujar Sudiyono dalam keterangan persnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (1/8).

Diterangkan oleh Sudiyono, dari 1.226 orang pengunjung tersebut, sebanyak 696 orang diantaranya adalah Warga Negara Asing (WNA), dan 530 orang sisanya Warga Negara Indonesia (WNI).

“Pada tanggal 29 Juli, berhasil dievakuasi 567 orang WNA dan 162 orang WNI, sedangkan esoknya 30 Juli, sebanyak 189 orang WNA dan 354 orang WNI. Adapun kemarin tanggal 31 Juli, tim berhasil mengevakuasi 14 orang WNI,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam (KSDAE) Wiratno, menyampaikan apresiasinya atas dukungan semua pihak, dalam upaya evakuasi selama beberapa hari ini.

“Terima kasih atas kerja keras tim evakuasi Balai TNGR, dan keterlibatan semua pihak sperti BNPB, TNI/Polri, dan lain-lain dalam membantu proses evakuasi pendaki di TNGR, inilah wujud kerjasama dan kerja keras multipihak yang baik,” sebut Wiratno.

Upaya evakuasi tersebut merupakan respon tindaklanjut KLHK atas peristiwa gempa 6,4 skala Richter yang menimpa Lombok, NTB, hari Minggu (29/7).

Terkait hal ini, Menteri LHK Siti Nurbaya, terus memantau perkembangan berlangsungnya upaya evakuasi setiap dua jam, serta menugaskan jajarannya untuk terus berkoordinasi aktif dengan pihak-pihak terkait di lokasi.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: