Penyandang Disabilitas Bisa Nikmati Fasilitas Kompleks GBK

Jakarta |
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan seluruh  renovasi dan pembangunan venue serta penataan kawasan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Pembangunan dan renovasi GBK oleh pemerintah bertujuan agar pelaksanaan Asian Games ke 18 yang akan dimulai pada Agustus 2018 mendatang dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.

Kemudian Kompleks GBK pada Oktober 2018 mendatang, juga direncanakan dapat digunakan untuk event olahraga Asian Paragames.

Renovasi dan pembangunan venues oleh Ditjen Cipta Karya telah memenuhi standar internasional setiap cabang olahraga, disamping juga mengakomodasi kebutuhan penyandang disabilitas.

Akomoditas bagi kebutuhan penyandang disabilitas sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 14 Tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan.

Berikut rincian kelengkapan fasilitas bagi penyandang disabilitas yang tersedia di Kompleks GBK:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Terdapat akses berupa ramp yang bisa dilalui kursi roda dengan lebar dan tingkat kemiringan sudah sesuai pedoman teknis. Terdapat 264 kursi di tribun penonton bagi penyandang disabilitas dan pendamping. Fasilitas lainnya adalah 6 toilet khusus disabilitas dilengkapi tanda dan penunjuk arah.

2. Training Facility

Fasilitas bagi penyandang disabilitas yakni parkir bagi pengunjung dan atlet, lokasi drop-off yang terkoneksi dengan ramp, toilet, lift dan tempat penonton. Selain itu dibangun jalur pemandu (guiding block) pada trotoar di depan bangunan.

3. Stadion Renang (Aquatic)

Terdapat 2 pintu akses bagi penyandang disabilitas di sisi Timur dan Barat dan jalur ramp mulai dari loket tiket hingga tribun. Kursi penonton penyandang disabilitas sebanyak 100 buah.

4. Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, dan Sepakbola ABC

Tersedia ramp sebagai akses masuk hingga ke tribun serta adanya toilet disabilitas.

5. Istana Olahraga (Istora)

Tersedia fasilitas akses ramp di sisi utara dan selatan stadion, ramp pada setiap ruangan yang berbeda elevasi, toilet disabilitas di lantai 1 dan lantai 2.

Sedangkan untuk atlet penyandang disabilitas, fasilitas tidak berbeda dengan penonton, dimana akses menuju arena pertandingan juga relatif mudah, karena tersedia ramp. Pada ruang ganti atlet desain juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan disabilitas, di antaranya lebar daun pintu dan toilet khusus.

6. Stadion Tenis Indoor

Untuk akses penonton penyandang disabilitas, sudah disediakan melalui jalur pintu barat, dimana sudah ada penambahan ramp kecil yang menghubungan toilet disabilitas dan area bagi penonton penyandang disabilitas yang terletak di lantai dasar.

Akses ke tribun melalui koridor sisi barat gedung dan tambahan ramp portable karena adanya beda elevasi lantai koridor dengan area pertandingan. Kapasitas untuk kursi roda sebanyak 25 kursi di sisi barat stadion.

7. Stadion Tenis Outdoor

Tersedia akses bagi penyandang disabilitas menuju kursi penonton. Kursi penonton disabilitas di lantai dasar berkapasitas 36 kursi roda, di lantai atas terdapat tribun VIP berkapasitas 5 kursi roda dan akses VIP ke lantai atas menggunakan Lift di sisi utara.

8. Gedung Basket

Tersedia akses bagi pengunjung penyandang disabilitas yang bisa diakses melalui pintu utara dan barat. Kursi penonton berada di sisi area pertandingan yang dapat diakses dengan mudah oleh penyandang disabilitas.

9.Stadion Madya

Penyandang disabilitas yang ingin menonton, dapat mengakses tribun secara langsung atau melalui ramp pada bagian depan bangunan. Pada lantai dasar tribun barat dan timur, bagi penonton penyandang disabilitas telah disediakan area untuk menonton pertandingan.

10. Lapangan Softball

Akses pengunjung penyandang disabilitas adalah melalui pintu barat.

11. Lapangan Baseball

Penonton penyandang disabilitas dapat mengakses tribun secara langsung atau melalui Ramp pada bagian depan bangunan. Tersedia tribun penonton penyandang disabilitas di lantai 2 yang dilengkapi akses ramp.

12. Penataan Kawasan GBK

Tersedia jalur pemandu (guiding block) pada sepanjang koridor dan trotoar di kawasan GBK. Kawasan GBK juga dilengkapi toilet bagi penyandang disabilitas.

13. Lapangan Squash

Tersedia akses masuk bagi penyandang disabilitas di bagian pintu utama yang dapat diakses bersamaan dengan pintu masuk penonton umum.

Selain itu juga tersedia ruang bagi penonton penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda berkapasitas 20 orang.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.