April 20, 2024

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin: Pemerintah Siapkan Mobil untuk Tamu Negara

Jakarta |
Menjelang upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) yang akan berlangsung di Gedung Nusantara MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10) siang, pemerintah sedikitnya 18 mobil untuk para tamu negara, seperti kepala pemerintahan, kepala pemerintahan, hingga utusan khusus.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengemukakan, para tamu negara yang akan menghadiri upacara pelantikan disediakan mobil jenis sedan Mercedes-Bezs S450 sebanyak 11 unit, cadangan 1. Lalu E300 sebanyak 13 unit, E250 ada 4 unit, dan E200 sebanyak 10 unit.

“Jumlah tersebut, diluar kendaraan yang disiapkan untuk pendukung tamu negara, yaitu Alphard 18 unit, Camry 9, dan tentunya Fortuner sebanyak 27,” ujar Kasetpres Heru Budi Hartono, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/10).

Menurut Heru, mobil yang disiapkan untuk pendukung tamu negara didapat dari hasil sewa untuk beberapa hari. “Kurang lebih Rp1 miliar. Enggak mahal kok, karena kita hanya minta 4 hari ya, kurang lebih Rp1 miliar,” jelasnya.

Namun Heru juga menegaskan, tidak semua mobil tersebut disewa. Sebagian, lanjut Kasetpres, Sekretariat Negara sudah punya. “Seperti Mercedes Benz, sisanya baru sewa,” terangnya.

Mengenai alasan pemilihan mobil-mobil itu untuk tamu negara, menurut Kasetpres, tentunya masalah kenyamanan dan seri terbaru. “Harus memberikan yang terbaik kepada tamu kepala negara,” tuturnya.

Diungkapkan oleh Kasetpres Heru Budi Hartono, sejauh ini tamu negara yang bakal hadir adalah dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, Myanmar.

“Kalau Tiongkok itu Wakil Presiden, Vietnam juga Wakil Presiden, Thailand deputinya, Amerika Serikat utusan. Laos utusan, dan Filipina adalah Presiden,” pungkas Heru.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.