Menlu: Forum Indonesia-Afrika Wujud Komitmen untuk Maju dan Sejahtera Bersama

Nusa Dua |
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Indonesia-Afrika Forum adalah perwujudan komitmen Indonesia dan negara-negara Afrika untuk maju dan sejahtera bersama.

Disamping itu, momen tersebut menjadi forum pertama, dimana Afrika dan Indonesia dapat bertemu dan bahas kerja sama konkret yang libatkan berbagai pemangku kepentingan.

Menlu berharap kegiatan IAF ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk dapat menggali lebih banyak lagi potensi-potensi kerja sama menguntungkan bagi Indonesia-Afrika untuk kemakmuran bersama.

“This time for Africa,” tegas Menlu Retno Marsudi saat pembukaan penyelenggaraan pertama Indonesia-Africa Forum 2018 (IAF 2018) di Nusa Dua Convention Centre, Bali, Selasa (10/4).

Kegiatan IAF 2018 dengan tema “Developing Sustainable Economic and Investment Cooperation” ini di buka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan dihadiri oleh lebih dari 500 peserta termasuk 240 delegasi dari 46 negara Afrika, organisasi internasional dan development partners.

Sementara dari Indonesia, sekitar 200 orang hadir baik dari Pemerintahan, swasta, maupun pelaku bisnis. Dalam pembukaan IAF 2018 turut hadir Menko Kemaritiman, Menteri Perdagangan, dan Menteri Luar Negeri.

Sebelumnya diberitakan, nilai Perdagangan RI-Afrika pada tahun 2017, dengan nilai ekspor 4,86 miliar dollar AS, dan impor 3,97 miliar dollar AS.

Dengan neraca perdagangan surplus bagi Indonesia 887,28 juta dollar AS serta tren yang meningkat 15,25 persen dari tahun 2016.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Twitter @Kemlu_RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *