Marsekal IB Putu Dunia: Menulis Buku, Beri Inspirasi dan Motivasi Generasi Muda

Denpasar |
Menulis buku dimaksudkan untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda mendatang untuk lebih sukses dalam bidang masing-masing, dengan perjuangan maksimal sehingga bisa tampil baik ditingkat nasional dan internasional.

Hal itu disampaikan oleh Marsekal TNI Purn Ida Bagus Dunia, saat menghadiri acara bedah buku “Marsekal TNI IB Putu Dunia Menembus Langit”, yang diselenggarakan di Hotel Inna Bali Jalan Veteran Denpasar, Bali, Sabtu (23/2).

Pada kesempatan itu, Ida Bagus Dunia mengajak generasi muda sekarang harus memahami kelebihannya sendiri. “Karena Bali banyak menghasilkan tokoh-tokoh, seperti Raja Airlangga, Udayana, para Rsi, sampai Sukarno yang merupakan putra Bali,” sebutnya.

Marsekal pertama asal Pulau Dewata itu juga berharap, orang bali memahami etika, kebiasaan, sejarah dan hukum dalam menjalankan perjuangan oleh para tokoh yang disebutkannya tadi.

“Selain itu mengingat Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara kita, dan karena Pancasila inilah saya bisa jadi KASAU,” ungkap Ida Bagus Putu Dunia.

Disampaikan oleh Putu Dunia, menurutnya ada 4 poin untuk bisa menjadi orang yang sukses dibidangnya. “Pertama Hidup adalah belajar. Belajar baca terus menerus dan harus lebih belajar dari yang lainnya,” paparnya.

Sedangkan yang kedua, tambahnya, bekerja adalah bakti atau ibadah. “Dalam menjalankan tugas harus dinikmati jangan banyak mengeluh,” kata Putu Dunia.

Sedangkan yang ketiga, sambungnya, adalah kejujuran. “Kejujuran adalah mutiara pada era sekarang ini. Dan yang keempat, DOA adalah senjata pamungkas,” pungkasnya.

Acara bedah buku Marsekal TNI IB Putu Dunia Menembus Langit, mengupas tentang bagaimana perjuangan seorang putra petani miskin menjadi jenderal bintang 4, hingga dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) pada tanggal 17 Desember 2012.

Buku yang ditulis oleh N Putrawan berisi 15 poin dan 162 halaman, diantaranya mengisahkan peristiwa dengan judul ‘Restu Pendeta’, ‘Terancam Putus Sekolah’, sampai dengan ‘Misi Besar Menghitamkan Langit Surabaya’.

Disela-sela acara bedah buku hari itu juga dilangsungkan sesi penyampaian kesan dan pesan dari Kepala Perwakilan Hankam Bali Kol InF Ketut Budiastawan.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada beberapa siswa SMA se Denpasar, yang kemudian acara ditutup dengan perayaan ulang tahun Marsekal TNI Purn Ida Bagus Dunia yang ke 62.

Acara hari itu juga dihadiri oleh beberapa pejabat TNI AU, seperti Marsekal Muda TNI Johanes Bercham, Danpuslat Kodiklat TNI Marsma I Nyoman Tri Santosa, Komandan Lanud Ngurah Rai Kol Pnb Wibowo Cahyono.

Juga tampak hadir tokoh-tokoh Bali seperti Dr Arya Weda dari DPD Bali, Satri Narada, dan tokoh lainnya, serta mahasiswa dan pelajar SMA Se Denpasar.  

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: