Malam Tahun Baru 2020, Gubernur DKI Undang 270 Pengantin Jaktim ke Balai Kota

Jakarta |
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengundang sebanyak 270 pasang pengantin baru dari Jakarta Timur (Jaktim) ke Balaikota DKI, pada Malam Tahun Baru 2020 mendatang.

270 pasang pengantin baru tersebut sebelumnya telah dinikahkan massal di Kantor Wali Kota Jakarta Timur pada Jumat (20/12).

Nantinya mereka bersama ratusan pasang pengantin baru massal sekuruh DKI Jakarta akan menerima hadiah spesial yang akan diberikan oleh Gubernur Anies Baswedan.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Badan Amil Zakat Nasional- Badan Amil Zakat dan Infaq/Shadaqah (BAZNAS-BAZIS) Jakarta Timur Aminudin, di  Jakarta, Minggu (22/12).

“270 pasang itu terdiri dari 10 pasang mengikuti nikah masal dengan disaksikan Pak Walikota Anwar dan 260 pasang mengikuti isbath massal,” kata  Aminudin.

Menurutnya, pada saat para pasangan itu dinikahkan, Wali Kota Jakarta Timur  M Anwar mengemukakan bahwa, nikah dan sidang isbath masal yang  telah dilaksanakan tersebut  dalam rangka merapikan administrasi dan mempermudah masyarakat dalam program bersifat sosial.

Disampaikan oleh Wali Kota Anwar, sambung Aminudin, kegiatan ini dilakukan oleh Pemprov DKI setiap tahun dalam rangka menyambut tahun baru. “Biasanya dilaksanakan di kawasan Jalan MH Thamrin. Namun demi efisiensi waktu, akhirnya  di wilayah masing masing,” jelasnya.

Sedangkan untuk malam tahun baru 2020 nanti, semua pengantin massal dari seluruh DKI Jakarta yang berjumlah 631 pasang akan berkumpul di Balaikota DKI Jakarta Bersama Gubernur Anies Baswedan.

Lebih lanjut Aminudin menjelaskan dalam pernikahan massal di Jakarta Timur itu BAZNAS BAZIS Jakarta Timur memberikan bantuan dana sebesar Rp 657.860.000.

Rinciannya adalah untuk mahar Rp 270 juta dibagikan Rp 1 juta per pasangan, bingkisan seperangkat alat shalat Rp 135 juta, dan biaya administrasi sidang isbat dan nikah massal Rp 135 juta.

“Insya Allah semua ini bermanfaat bagi pasangan pasangan yang belum memiliki kelengkapan surat nikah,” ungkap pria ayng biasa disapa Amin itu.

Menurut pantauan awak media dilapangan, sempat melakukan konfirmasi kepada pasangan pengantin baru yaitu Sugiarto (32) dan Erma (26). Keduanya mengaku tidak mengeluarkan biaya sepeserpun dalam mengikuti nikah maupun sidang isbath massal ini.

Santunan untuk Anak Yatim

Sementara hari berikutnya yaitu Sabtu (21/12), Wali Kota Anwar bersama Sekda DKI Jakarta Syaefullah menyerahkan santunan kepada 50 anak yatim, dengan total Rp 25 juta di Gedung Serbaguna Blok C Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Acara penyerahan santuna tersebut dilaksanakan dalam acara pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur Syaefullah, yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PCNU) PWNU DKI Jakarta.

Berita: Pri | Foto: Istimewa/Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: