Mahasiswa Indonesia Menangkan Kompetisi Antarpemuda ASEAN

Jakarta |
Mahasiswa asal Indonesia berhasil memenangkan kompetisi desain logo ASEAN+3 University Network (AUN), yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Kamis (26/7).

Adi Wisnu Nugroho, seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, dengan hasil karyanya berhasil mengungguli 152 rancangan desain buatan 93 mahasiswa dari 9 negara.

Piala dan hadiah The ASEAN+3 Rectors’ Conference, diterima Adi yang diserahkan langsung oleh AUN Executive Director Dr Choltis Dhirathiti dengan disaksikan Duta Besar RI Dr Sujatmiko.

Menjelaskan karya desainnya yang berbentuk cortex sebagai visualisasi dari sifat dinamis AUN, menurut Adi warna dan bentuk dari desainnya melambangkan harapan agar AUN terus dapat melanjutkan kerjasamanya melalui komunikasi, pendidikan dan kemitraan yang harmoni.

Dilansir Portal Kementerian Luar Negeri, Jumat (27/7), Adi memperkenalkan desain miliknya dihadapan 93 orang rektor dan akademisi dari 43 universitas seluruh ASEAN+3 yang berkumpul siang itu. “This is the ASEAN plus Three Logo,” ujarnya.

Logo ini akan menjadi emblem resmi yang akan digunakan AUN dan tercetak pada bendera yang akan dikibarkan dalam setiap kegiatan AUN.  ​

“Saya ingin mengucapkan Selamat kepada Adi Wisnu Nugroho,” kata Dubes Sujatmiko ketika bertemu langsung dengan sang juara. Menurutnya, tentunya pertarungan ini berat dan kemenangannya membawa nama baik Indonesia.

Dubes Sujatmiko juga menyampaikan ucapan selamat kepada Universitas Airlangga yang kali ini kembali membawa nama harum Indonesia di kancah ASEAN +3.

“Kita harus tetap melakukan apa yang terbaik, selalu semangat dan tidak berputus asa mengejar mimpi dan cita-cita,” ujarnya berpesan.

Sementara itu, di kesempatan yang sama seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) bernama Christella Finisianti juga menerima penghargaan sebagai The Best Delegate pada The 18th AUN and 7th ASEAN+3 Educational Forum and Young Speakers’ Contest.

Chistella berjaya mengalahkan 67 pesaingnya dari 10 negara ASEAN+3, pada kontes yang berlangsung pada tanggal 1 hingga 5 Mei. “Saya merasa sangat bangga bisa hadir disini (mewakili Indonesia),” ujar Christella ketika ditanya tentang perasaannya menerima penghargaan.

Disebutkan oleh Christella, untuk teman-teman di Indonesia, acara ini membawa banyak pelajaran bagi dirinya, serta merekomendasikan kepada para pemuda di tanah air agar berpartisipasi mengikuti acara ini.

Kepada kedua pemenang, Dubes Sujatmiko memberikan ucapan selamat. “Mari kita berjuang, berkompetisi di kancah internasional,” pungkasnya, seraya mengajak para pemuda Indonesia untuk tidak takut berkompetisi di ajang internasional dan selalu berjuang melakukan yang terbaik.

Berita: Nf | Foto: Istimewa/KBRI Bandar Seri Begawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.