Lulus Tes dan Seleksi, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono Balik ke KPK

Denpasar |
Setelah menjalani seleksi dan tes assesmen yang sangat ketat Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono dikabarkan bakal kembali bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepindahan Kombes Pol Yudhiawan Wibisono yang dipercaya memegang jabatan sebagai koordinator wilayah (Korwil) juga tertuang dalam Lampiran Surat Pimpinan KPK RI tertanggal 18 September 2020 yang diteken Ketua KPK Firli Bahuri.

Lampiran Surat Pimpinan KPK RI tersebut memberitahukan hasil seleksi dan panggilan bergabung bagi calon pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK berasal dari Kepolisian Negera Republik Indonesia (Polri).

Kepada awak media, Yudhiawan Wibisono membenarkan bahwa dirinya telah diberitahu dari Ketua KPK Firli Bahuri untuk kembali bertugas di KPK.

“Saya dipercaya oleh Polri bertugas di KPK kembali, sebagai Koordinator Wilayah. Secara resmi nanti hari Selasa saya akan berangkat ke Jakarta untuk dilantik,” ujar salah satu perwira terbaik jajaran Polda Sulawesi Selatan itu, Jumat (18/9).

Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah, 19 Oktober 1967 itu pun mengaku bersyukur kembali mendapat kepercayaan untuk mengabdi di KPK, yang sebelumnya pernah bertugas selama tujuh tahun.

“Saya pernah disana selama tujuh tahun, ini kembali lagi ke KPK. Saya ditugaskan pemerintah demi kepentingan bangsa dan negara,” ujar mantan Wakapolres Badung Polda Bali itu.

Lulusan Akpol 1991 itu pun berjanji sebagai Koordinator Wilayah akan bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan visi misi KPK.

“Koordinator wilayah ini jabatan baru, yang dulu di Koordinasi dan Supervisi (Korsup), tapi sekarang mungkin lebih detil lagi dan akan membawahi beberapa provinsi,” jelas Yudhi yang dikenal sangat berpengalaman dalam bidang reserse dan pernah menjabat Kasubdit IV Dittipidkor Bareskrim Polri di tahun 2012.

Selain Kombes Pol Yudhiawan Wibisono, nama lain pamen jajaran Polda Sulsel yang lulus dalam tahapan seleksi untuk menjadi Koordinator Wilayah adalah Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sulsel Kombes Pol Didik Agung Widjanarko.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam kepada awak media mengatakan, bahwa Kombes Pol Yudhiawan Wibisono dan Kombes Pol Didik Agung Widjanarko harus melalui seleksi dan tes assesmen yang sangat ketat agar bisa menempati jabatan sebagai Korwil di KPK.

Ditambahkan oleh Irjen Pol Merdisyam, kedua perwira jajarannya itu merupakan anggota Polri yang hebat dan terpilih serta terpercaya mempunyai integritas yang kuat.

Sebelumnya KPK membentuk 9 Koordinator Wilayah di 34 provinsi dalam rangka penegakan hukum tindak pidana korupsi di daerah. Salah satu tugas Korwil tersebut untuk mengawasi berbagai aturan di daerah termasuk ketidakjelasan penerapannya.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.