KPU Resmi Tetapkan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno Capres-Cawapres 2019

Jakarta |
Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (20/9) sore, secara resmi telah menetapkan pasangan calon (paslon) Joko Widodo-Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai calon Presiden (Capres) dan calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pemilu Pilpres 2019.

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan, hasil rapat pleno KPU RI menetapkan bahwa dua pasangan calon yang telah mendaftar dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019.

KPU Sebelumnya telah melakukan pemeriksaan menyeluruh atas syarat calon dan pencalonan yang telah diserahkan oleh kedua pasangan capres-cawapres..

Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno telah mendaftar pada 10 Agustus 2018 lalu, diikuti dengan pemeriksaan kesehatan 1 dan 2 hari setelahnya.

Diharapkan oleh Ketua KPU Arief Budiman, masyarakat punya informasi dan bisa mengetahui calon yang telah ditetapkan.

Selanjutnya pada Jumat (21/9), dilakukan pengundian nomor dari masing-masing kedua pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden, dimana kedua pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden diharuskan hadir langsung.

Sementara itu, bersamaan dengan penetapan Capres-Cawapres Pemilu 2019, KPU juga mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk pemilihan legislatif DPR sebanyak 7.968 calon dan perseorangan DPD sebanyak 807 calon.

Ketua KPU menjelaskan, DCT DPR itu berasal dari 16 partai politik nasional yang telah mengajukan nama-nama calon pada 4-17 Juli 2018 lalu.

“Sebanyak 13 partai mengajukan calon legislatifnya di 80 daerah pemilihan, sementara 3 partai lainnya mengajukan di 79 dapil (Partai Gerindra dan Partai Hanura) dan 61 dapil (PKP Indonesia),” ujarnya.

Dari 7.968 caleg yang lolos, sambungnya, juga diklasifikasikan sebanyak 4.774 caleg berjenis kelamin laki-laki sementara 3.194 caleg lainnya berjenis kelamin perempuan. “Dengan total keterwakilan perempuan 40 persen,” tuturnya.

Sementara untuk calon DPD yang berjumlah 807 orang, berasal dari 34 provinsi, terbagi dari 671 calon merupakan laki-laki dan 136 lainnya perempuan.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.