Kota Bogor Tempat Pertama Kali Uji Coba Rumah Komposit BPPT

Bogor |
Kota Bogor untuk pertama kalinya melakukan uji coba rumah contoh darurat bencana atau rumah komposit.

Hal ini menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang pertama kali membangun Inovasi rumah komposit hasil pengembangan Pusat Teknologi Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan, BPPT melakukan riset atau penelitian tentang bagaimana menyiapkan sebuah hunian sementara dari bahan komposit.

“Bahan ini diklaim lebih cepat dipasang dan digunakan untuk hunian sementara darurat bencana,” kata Ganjar, Jumat (17/11).

Uji coba ini, sambung Ganjar, untuk melihat bagaimana ketahanan dan kekuatannya serta mengetahui kekurangan dan kelebihannya. “Ketika contoh ini berhasil maka akan dikembangkan di daerah lainnya terutama yang rawan bencana,” sebut Ganjar dilansir laman kotabogor.go.id.

Soal dipilihnya RW 11 Kampung Muara Kidul, Kelurahan Pasir Jaya sebagai lokasi dipasangnya rumah contoh darurat bencana, Ganjar menjelaskan, karena wilayah ini menjadi fokus Pemkot Bogor terkait penataan kawasan kumuh perkotaan.

Di lokasi tersebut, ada dua rumah contoh yang pengerjaannya dilakukan langsung oleh BPBD Kota Bogor. “Jadi ketika rumah contoh ini dipasang disini kami ingin mendapat masukan dari masyarakat setempat,” ungkapnya.

Menurut Ganjar, secara teknis pembangunan rumah ini hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam. “Makanya rumah ini dinamakan rumah instan atau rumah cepat bangun,” pungkasnya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa/ kotabogor.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *