July 15, 2024

Kembangkan MediaHub Polri, Divisi Humas Gelar Pelatihan Tingkatkan Kemampuan Personel

Denpasar |
Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Polri kembali menggelar Pelatihan Operasional Pengembangan MediaHub Polri yang berlangsung di Merlynn Park Hotel, Jakarta, pada tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2023.

Pelatihan ini dihadiri oleh para personel operator MediaHUB dari 34 Polda di seluruh Indonesia, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan personel dalam mengelola konten Polri melalui platform MediaHub.

Pelatihan ini diinisiasi oleh Divisi Humas Polri sebagai langkah proaktif untuk mengembangkan kemampuan personel dalam mengoperasikan dan mengelola MediaHub Polri.

Dalam menghadapi perkembangan dunia digital dan pentingnya penyebaran informasi yang akurat, pelatihan ini menjadi sarana penting untuk memastikan bahwa konten yang disajikan melalui MediaHub Polri memiliki kualitas yang baik.

Sebanyak 11 materi pelatihan diberikan kepada para peserta selama acara berlangsung. Materi-materi ini meliputi berbagai aspek pengelolaan konten, teknik penyajian informasi yang efektif, serta strategi untuk menjaga konten yang menarik, informatif, dan berdampak positif bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Pusat Infromasi dan Dokumentasi (Karo PID) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Moh Hendra Suhartiyono menyampaikan pentingnya peran MediaHub Polri dalam mengamankan situasi kamtibmas, terutama di tengah tahun politik 2023-2024.

“Dengan berbagai tantangan dan dinamika yang ada, MediaHub Polri diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pemilu dengan menyajikan informasi yang akurat dan mendukung terciptanya pemilu yang damai dan berintegritas,” ujarnya.

Brigjen Pol Moh Hendra Suhartiyono juga menekankan bahwa pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kemampuan SDM Polri dalam mengoperasikan dan mengoptimalkan MediaHub.

“Dalam era di mana teknologi informasi memiliki peran yang semakin besar, SDM Polri perlu memiliki kompetensi yang baik dalam memanfaatkan platform ini sebagai sarana efektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Foto: Istimewa/DivHumas Polri.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (Kabag Yaninfodok) Biro PID Divhumas Polri Kombes Pol Tjahyono Saputro menjelaskan bahwa MediaHub Polri merupakan bagian dari SPIT yang bersifat konten agregator atau pengumpul informasi yang nantinya bisa digunakan oleh Polri maupun masyarkat umum.

Disampaikannya, hasil rekapitulasi upload konten terbanyak pada periode 2022-2023, dimana Polda Jawa Barat (Jabar) menduduki posisi pertama dengan jumlah konten 2.648.

“Sementara untuk rekapitulasi user mediaHub Polri, untuk posisi pertama user tebanyak ada di Polda Metro Jaya dengan jumlah user 908,” terang Kombes Pol Tjahyono Saputro.

Kabag Yaninfodok Biro PID Divhumas Polri itu juga mengapresiasi kepada seluruh Polda dan Polres yang telah aktif mengerjakan penugasan di MediaHub Polri. “Dan untuk Polda Polres yang masih kurang aktif agar dapat ditingkatkan kinerjanya,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur PT Sarana Teknologi Komunikasi Tjen Niko menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pelatihan pengembangan MediaHub Polri.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan acara ini dan memberikan semangat kepada para peserta untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan,” ucapnya.

Dengan pelatihan ini, sambung Tjen Niko, diharapkan personel operator MediaHub Polri dapat lebih mahir dalam mengelola konten Polri melalui platform MediaHub, serta mampu menyajikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Pelatihan ini menjadi salah satu langkah konkrit dalam membangun komunikasi yang lebih baik antara Polri dan masyarakat di era digital saat ini,” tutupnya.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist./Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.