KEK Mandalika di Pantai Kuta NTB Resmi Beroperasi

Lombok Tengah |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresemikan pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (20/10).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta agar karakter bangunan yang sebelumnya direncanakan selama 29 tahun itu sama dengan di Bali atau banyak rumah model Spanyol.

“Di sini mempunyai kekuatan arsitektur yang baik, baik rumah suku Sasak, kekuatan karakter harus dimunculkan. Jangan nanti disini yang banyak rumah model Spanyol,” kata Presiden Jokowi .

Presiden juga meminta agar PT Indonesia Tourism Developmen Corporation (ITDC) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola KEK Pariwisata Mandalika melakukan penataan pasar cinderamata.

Jokowi berpesan agar Jangan membiarkan masyarakat mebangun sendiri-sendiri, sehingga kawasan ini tidak tertata dan terkesan kumuh. “Siapkan lahan untuk pasar cideramata agar masyarakat bisa menikmati adanya kawasan ini,” pesan Jokowi.

Kepada Menteri Pariwisata, Presiden Jokowi meminta agar memperhatikan urusan kafe, juga urusan homestay. “Tolong diberikan dorongan agar urusan dengan yang namanya toilet, terutama betul-betul pada standard internasional,” ujar Presiden.

Menurut Jokowi, dirinya ingin tempat tersebut menjadi kawasan besar bagi pariwisata Indonesia, yang akan memberikan dampak kepada NTB.

Presiden juga sempat meminta Gubernur, Bupati, dan Danrem (Danrem) untuk menghijaukan kawasan yang ada di bukit sebelah timur dengan jalan menanam, sehingga akan kelihatan hijau dan tambah cantik.

“ITDC bertanggung jawab masalah ini. Tanaman minta berapa nanti saya kirim,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden meyakini KEK Mandalika akan memberikan manfaat besar kepada masyarakat NTB karena nantinya masyarakat bisa berjualan cinderamata membuka homestay. Selain itu, KEK Mandalika ini diyakini akan membuka 58.000 lapangan kerja.

“Investasi sekarang yang berjalan 8 investor hotel senilai Rp18 triliun, kita harap bisa berlipat 3 (tiga) kali, sehingga kawasan ini akan berkembang,” ucap Presiden Jokowi.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi, antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *