Kegiatan Pertikawan 2018 di Bali Diikuti 577 Peserta

Denpasar |
Usai dibuka awal Agustus lalu di regional Sulawesi dan Maluku, rangkaian kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) tahun 2018 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berlanjut ke regional Bali dan Nusa Tenggara.

Kegiatan kali ini yang dilangsungkan di Bumi Perkemahan Margarana, Tabanan, Bali, sejak tanggal 6 hingga10 September diikuti oleh sebanyak 577 generasi muda.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Ruandha Agung Sugardiman, yang hadir mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) berpesan, agar Generasi muda Pramuka harus selalu menjadi yang terdepan dan teladan bagi generasi muda lainnya, terutama dalam hal pelestarian lingkungan dan hutan.

“Karena ingat Pramuka itu adalah Praja Muda Karana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya,” ujar Agung Sugardiman, Kamis, (6/9).

Menurut Ruandha, dirinya sangat yakin bahwa anggota pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti adalah generasi yang hebat, dan kreatif.

Dirinya juga meminta agar para peserta tidak berhenti berkreasi dan berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. “Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif, dan produktif,” ujarnya.

Pertikawan 2018 ini, lanjut Ruandha, dimaksudkan untuk membentuk watak dan kepribadian generasi muda yang berakhlak, berbudi pekerti luhur dan peduli terhadap kelestarian hutan dan lingkungan hidup di sekitarnya.

“Setelah dari kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian dalam penanggulangan dan pencegahan kerusakan hutan dan peduli terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup,” pungkas Dirjen PPI itu.

Isu lingkungan di Pramuka secara global telah menjadi fokus utama. World Organization Scout Movement (WOSM) bahkan mulai mengkampanyekan pelestarian lingkungan melalui slogan utamanya saat ini yaitu “Create Better World”.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah mengeluarkan persetujuan kegiatan Pertikawan 2018. Selama 4 bulan kedepan, secara rutin akan dilaksanakan kegiatan Pertikawan di tiap regional.

Pertama, dimulai dari regional Sulawesi Maluku, telah berlangsung dengan baik pada tanggal 1-5 Agustus 2018, di Tonasa Park, Kabupaten Pangkajene Kepulauan-Sulawesi Selatan.

Kemudian kedua, yang saat ini tengah berlangsung yaitu Pertikawan Regional Bali dan Nusa Tenggara tanggal 6-10 September 2018, di Bumi Perkemahan Margarana, Kabupaten Tabanan, Bali.

Selanjutnya ketiga, Regional Sumatera 2-6 Oktober 2018 di Kabupaten Siak, Riau. Keempat, Regional Kalimantan tanggal 9-13 Oktober 2018, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kelima, Regional Jawa pada tanggal 16-20 Oktober 2018, di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Terakhir, Regional Papua pada tanggal 4-8 November 2018 yang akan dilaksanakan di Kota Jayapura, Papua.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.