Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo Disebut Calon Kuat Kapolri

Jakarta |
Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo belakangan disebut-sebut berbagai pihak merupakan sosok calon pengganti Jenderal Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) dari total lima calon yang diajukan.

Sepak terjang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 menurut berbagai pihak patut diapresiasi. Sederet prestasi yang ditorehkan oleh pria kelahiran Ambon 5 Mei 1969 itu terbilang luar biasa.

Dilansir portal berita Antara, berbagai kasus yang berhasil dibongkar Sigit diantaranya mulai dari penangkapan Djoko Tjandra di Malaysia yang menjadi buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali yang juga mengungkapkan keterlibatan sejumlah tersangka lainnya.

Listyo Sigit Prabowo Prabowo yang dikenal juga dikenal dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berhasil mengungkap kemudian menetapkan tersangka kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) beberapa waktu lalu.

Perwira Tinggi (Pati) Polri yang kini berusia 51 tahun itu sempat menduduki jabatan Kabag Dalpers Ropers Polda Metro Jaya. Kemudian berkarir di wilayah Jawa Tengah, mulai dari menjabat Kapolres Pati dan Kapolres Sukoharjo, dilanjutkan menjabat Wakapolrestabes Semarang di tahun 2010 kemudian dan pindah tugas menjadi Kapolresta Surakarta pada tahun 2011.

Selanjutnya di tahun 2012, Komjen Listyo Sigit Prabowo sempat kembali dipercayakan bertugas di pusat untuk menjabat Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Dilanjutkan menjabat Direskrimum Polda Sultra pada tahun 2013.

Dengan karir yang demikian gemilang, Listyo Sigit Prabowo mendapat kepecayaan untuk menjadi ajudan dari Presiden Jokowi. Posisi yang dijabatnya di tahun 2014 itu membuatnya menjadi semakin populer dan dikenal orang.

Dua tahun kemudian, tepatnya 2016 Listyo Sigit dipercayai jabatan untuk memimpin Polda Banten dan dilanjutkan menjabat Kadiv Propam Polri tahun 2018, sampai ditunjuk Jenderal Idham Azis sebagai Kabareskrim Polri pada 2019 lalu.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist./Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: