Jokowi: Pemerintah Segera Susun Nama Pansel Calon Pimpinan KPK

Jakarta |
Pemerintah akan segera menyusun nama-nama untuk duduk dalam panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para wartawan usai berbuka puasa bersama di Rumah Dinas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo, di Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Senin (13/5).

Jokowi juga menambahkan, bahwa pansel tersebut akan diputuskan pekan ini. “Insya Allah minggu ini sudah kita tanda tangani. Baru digodok,” ucapnya.

Menurutnya, terkait nama-nama yang sudah masuk, saat ini tinggal diproses untuk diputuskan. “Satu-satu kita lihat. Ya kayak lima tahun yang lalu satu per satu kita lihat dan minggu ini Insya Allah kita tanda tangani panselnya,” tuturnya.  

Orang-orang yang akan mengisi pansel tersebut, sambung Jokowi, nantinya berasal dari berbagai latar belakang. “Ada dari akademisi, ada dari praktisi, ada dari pemerintah, ada dari NGO, gabung-gabung,” ungkap Jokowi.

Pembentukan Pansel KPK perlu segera dilakukan menyusul akan berakhirnya masa jabatan pimpinan KPK pada akhir tahun ini.

Dengan rencana pembentukan Pansel KPK oleh pemerintah itu diharapkan pimpinan KPK yang baru bisa ditentukan selambat-lambatnya akhir tahun 2019.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.