Gubernur Bali Lantik Bupati dan Wakil Bupati Klungkung

Denpasar |
Gubernur Bali I Wayan Koster melantik Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta wakilnya I Made Kasta, di Gedung Wiswasabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Minggu (16/12).

Pelantikan dua pemimpin daerah Klungkung terpilih periode 2018-2023 pada Pilkada 27 Juni 2018 itu, sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.51-8483 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Bupati Klungkung Provinsi Bali, dan Nomor 132.51-8484 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Klungkung Provinsi Bali.

Pada kesempatan itu, Gubernur Wayan Koster mengemukakan, bahwa nuansa pelantikan terasa istimewa, karena dihadiri banyak orang, mulai didalam hingga diluar gedung.

“Terimakasih Pak Bupati dan Pak Wakil telah meriahkan acara ini dengan sangat baik,” ujar Koster mengawali sambutannya.

Disebutkan oleh  Koster, bahwa nantinya setelah dilantik Bupati dan Wakil Bupati adalah milik masyarakat Klungkung, bukan lagi milik partai pengusung atau masyarakat konstituen pemilih.

Gubernur berharap di periode kedua kepemimpinan Bupati Suwirta dan Wabup Kasta agar bekerja lebih keras, lebih fokus pada program proiritas untuk kesejahteraan masyarakat Klungkung.

Disamping itu, Koster juga mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Pilkada Klungkung yang bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, 27 Juni lalu.

Mengingat tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan kedepan menghadapi tantangan yang sangat berat dan kompleks, Gubernur Wayan Koster berharap Bupati dan Wakil Bupati harus memahami tugas, pokok, fungsi serta kedudukan sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Jabatan yang diemban pada hakekatnya merupakan Swadharma yang mengandung tanggungjawab mensejahterakan masyarakat sehingga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” tuturnya.

Pembangunan daerah Klungkung, sambung Koster, merupakan bagian secara integral dari pembangunan daerah Bali. “Keberhasilan pembangunan di Klungkung akan turut menentukan keberhasilan pembangunan daerah Bali,” ujar Gubernur Koster.

Oleh karena itu, Koster berharap visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang nantinya dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Klungkung, rumusan dan implementasinya sejalan dengan visi Nangun Sad Kertih Loka Bali.

“Visi ini bermakna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan masyarakat Bali yang sejahtera dan bahagia,” sebutnya.

Sementara itu, sejalan dengan visi Gubernur Bali, Nangun Sad Kertih Loka Bali, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan pada intinya bagaimana memperhatikan alam, bagaimana memperhatikan lingkungan dan manusianya dengan konsep Tri Hita Karana.

Menurut Bupati Nyoman Suwirta, visi misi yang dibuat di Kabupaten Klungkung sejalan dan tidak menyimpang dari apa yang dibuat di Provinsi Bali.

“Visi misi yang kami buat di Klungkung sudah bersinergi, sejalan dan tidak menyimpang dari visi misi beliau (Gubernur),” kata Suwirta menjelaskan.

Lima tahun memimpin Klungkung, Bupati Suwirta menyatakan telah melakukan inventarisir, menggerakkan Kabupaten Klungkung secara fisik maupun Sumber Daya Manusia (SDM) selangkah lebih maju, meningkatkan PAD dan menurunkan angka kemiskinan.

“Membangunan itu perlu proses. 5 tahun mengabdi tidak saja menginventarisir, tetapi menggerakkan Klungkung secara fisik maupun SDM,” sebutnya.

Menurut Suwirta, membangun daerah diperlukan satu titik ungkit yang mampu membangkitkan pembangunan disemua sektor. Nusa Penida dengan pariwisatanya akan menjadi titik ungkit pembangunan Klungkung.

“Pemkab sudah merancang pembangunan segitiga emas. Sedangkan sebuah aplikasi kini tengah dirancang untuk mendata semua masyarakat Klungkung, sebagai langkah dalam hal penuntasan kemiskinan, termasuk program Entrepreneur masuk desa,” jelasnya.

Bupati Klungkung yang baru dilantik itu juga menargetkan semua data bedah rumah atau rehab rumah masuk di tahun 2019, sehingga di tahun 2020 semua data yang masuk bisa ditangani dan diselesaikan.

Sementara itu, dihari yang sama juga dilakukan Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK serta Ketua Dekranasda Kabupaten Klungkung Ayu Suwirta oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Koster.

Berita: IBW/Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: