July 23, 2024

Evaluasi Penanganan Pandemi Covid-19, Baharkam Polri Gelar Rakernis di Bali

Badung |
Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri mengadakan rapat kerja teknis (Rakernis), di Hotel Anvaya Jalan Kartika Plaza Kuta, Badung, Bali.

Agenda rakernis yang berlangsung sejak Rabu (15/6) sampai dengan Jumat (17/6), salah satunya membahas evaluasi penanganan pandemi Covid-19.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarham) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan, pihaknya memiliki peranan penting dalam penanganan virus corona.

Diantaranya melakukan kegiatan sosialisasi protokol kesehatan (prokes), pengawasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pendistribusian bantuan tunai dari pemerintah hingga vaksinasi.

“Beberapa tahun belakangan ini kita sama-sama menghadapi pandemi Covid-19 yang sangat berdampak bagi seluruh elemen masyarakat. Kita selama ini sebagai tulang punggung utama dalam penanganan pandemi tersebut,” kata Arief, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/6).

Foto: Istimewa/Divisi Humas Polri

Menurut jenderal bintang tiga itu, rakernis ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menyamakan persepsi dalam mengambil langkah ke depan, demi memberikan pengabdian terbaik dari jajaran Baharkam Polri kepada masyarakat sebagai mana tugas dan fungsinya.

“Perlu pengelolaan masalah dengan benar dan tepat dalam menghadapi kondisi terkini di masyarakat. Begitu kompleks dan dinamis termasuk Covid-19 ini, sangat berdampak bagi seluruh elemen masyarakat,” tegas mantan Kabareskrim itu.

Komjen Pol Arief Sulistyanto menyatakan dalam penanganan pandemi ini Baharkam Polri juga berfungsi sebagai garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan Preemtif (imbauan), preventif (pencegahan) dan represif (penegakkan hukum).

Menurutnya, kedepan yang dibutuhkan adalah SDM polisi yang proaktif dan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat.

“Dalam pengelolaan potensi gangguan saat pengambilan keputusan, kita memerlukan ketegasan agar tidak berdampak kepada pelaksana tugas kita, dan tidak berkembang menjadi ambang gangguan,” tuturnya.

Sementara Ketua panitia rakernis, Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Baharkam Polri Irjen Pol Indra Miza menyampaikan, evaluasi ini selanjutnya akan digunakan untuk merumuskan strategi dan konsep operasional pemeliharaan keamanan di seluruh Indonesia.

”Secara lebih tepat dan kontekstual,” pungkas Kakorpolairud Baharkam Polri.

Tema kegiatan yang diangkat kali ini adalah ’Rakernis Baharkam Polri 2022: Mengefektifkan Tugas Pemeliharaan Kamtibmas Dalam Program Presisi Untuk Mengamankan Program Prioritas Nasional dengan Mewujudkan Kamtibmas yang Kondusif Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Menuju Indonesia Maju’.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 158 orang, terdiri dari para Direktur dan Pejabat Utama (PJU) Baharkam Polri, serta Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Dirpolairud), Direktur pembinaan masyarakat (Dirbinmas), dan Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) jajaran Polda se Indonesia, serta para Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri yang berhubungan dengan fungsi Baharkam.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Istimewa/Divisi Humas Polri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.