Dr AKP Mochtan Terpilih sebagai Sekjen APO Periode 2019-2022

Jakarta |
Kandidat asal Indonesia, Dr AKP Mochtan akhirnya berhasil terpilih sebagai Sekretaris Jenderal pada organisasi internasional Asian Productivity Organization (APO) untuk periode 2019-2022.

Terpilihnya Mochtan, merupakan hasil pemilihan yang telah dilaksanakan pada Pertemuan ke 61 Governing Council APO di Manila, Filipina, Rabu (10/4) lalu.

Dilansir situs kemlu.go.id, Jumat (12/4), Dr AKP Mochtan berhasil terpilih dengan mengantongi 12 suara pada pemilihan putaran kedua, mengalahkan kandidat Thailand yang memperoleh 6 suara.

Selain Indonesia dan Thailand, terdapat kandidat-kandidat dari Republik Korea, Sri Lanka, dan Filipina, yang gugur pada putaran pertama pemilihan.

Posisi strategis Sekjen APO yang berhasil diduduki Mochtan, merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia.

Dengan berada di posisi tersebut, Indonesia dapat menunjukkan peran strategis di bidang kerja sama internasional ketenagakerjaan.

APO adalah sebuah organisasi internasional di bidang peningkatan produktivitas ketenagakerjaan yang beranggotakan 19 negara di Asia.

Menjadi anggota APO sejak tahun 1968, Indonesia telah terus aktif berperan dalam mendukung program dan kegiatan APO.

Dr AKP Mochtan sendiri telah memiliki pengalaman kerja selama 13 tahun di APO. Saat ini Mochtan tengah menjabat Deputy Secretary General pada Sekretariat ASEAN periode 2013-2019.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.