July 15, 2024

Antisipasi Arus Mudik Lebaran 2023, Kakorlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Denpasar |
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memastikan kesiapan rekayasa lalu lintas untuk arus mudik dan arus balik pada saat Hari Raya Idul Fitri 2023.

Korlantas Polri telah melakukan survei dan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan di jalur mudik. Firman ingin pemudik nyaman dan amann, tehindar dari kemacetan maupum kecelakaan saat mudik maupun arus balik lebaran.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kapolri, kami menyiapkan dengan matang segala rekayasa arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan yang berdampak antrean panjang, baik di tol, arteri, dan jalur penyeberangan,” tutur Firman dalam keterangannya, Rabu (15/3).

Dirinya mengungkapkan, penempatan posko-posko mudik juga sedang dalam proses pematangan. Titik rawan kepadatan dan kecelakaan menjadi tolak ukur pertimbangan penempatan Posko mudik dan personel.

“Ini akan semakin kami matangkan mengingat berdasarkan survey Kemenhub, tahun ini akan ada 128,3 juta orang yang mudik. Jadi, antisipasi kerawanan, titiknya di mana, jumlah Posko, ketersediaan anggota, sangat kami pikirkan dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait,” pungkas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Korlantas juga telah melaksanakan survei ke beberapa ruas jalan Pantai Selatan Banten sampai dengan DIY, ruas jalan pantai utara Jakarta sampai dengan Semarang. Selain itu jalan tol dari Jakarta sampai dengan Surabaya, serta ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.