Agus Gumiwang Dilantik Jadi Menteri Sosial Gantikan Idrus Marham

Jakarta |
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ketua DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, sebagai Menteri Sosial (Mensos), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8) sore.

Agus Gumiwang menggantikan Mensos sebelumnya Idrus Marham, yang mengundurkan diri untuk berkonsentrasi menghadapi masalah hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Agus dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 148/P/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014-2019, tertanggal 24 Agustus 2018.

Saat dilantik, Agus melakukan sumpah dan menandatangani berita acara sumpah jabatan, yang juga disaksikan oleh sejumlah pejabat tinggi negara.

Sementara itu, usai melantik Agus Gumiwang Presiden Jokowi mengatakan kepada insan pers, bahwa dirinya menghargai komitmen Idrus Marham dalam menghadapi permasalahan hukum yang sedang dihadapinya.

“Saya harus sampaikan apa adanya, saya menghargai, komitmen Pak Idrus Marham kesatria menghadapi masalah hukum,” ujar Presiden Jokowi dilansir laman Setkab, Jumat (24/8).

Soal pelantikan Agus Gumiwang, Jokowi menjelaskan hal itu dilakukan karena di Kementerian Sosial ada hal yang sangat urgen, yaitu penanganan pascabencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Oleh sebab itu, segera kita putuskan juga penggantinya. Tadi saya minta ketua Golkar Pak Erlangga Hartarto untuk bisa menugaskan Pak Agus Gumiwang untuk menjadi Menteri Sosial,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, Agus Gumiwang dipilih lantaran kapasitasnya. Selain itu, tambahnya, tugas Agus di DPP Golkar juga berkaitan dengan masalah kesejahteraan. “Saya kira pilihan kita tidak jauh jauh meleset,” tuturnya.

Presiden Jokowi meminta Agus segera menyelesaikan masalah-masalah yang ada di NTB, dan masalah-masalah yang berkaitan dengan persiapan penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di 2019. “Itu saja engga banyak-banyak,” tutup Jokowi.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut Mensesneg Pratino, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menperin Airlangga Hartarto, Menaker Hanif Dhakiri, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menkes Nila F Moeloek, Panglima TNI Marsekal Hadji Tjahjanto, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: