Uji Coba 20 Unit, Angkot Ber-AC Bakal Beroperasi di Depok

Depok |
Dinas Perhubungan (Dishub) dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Depok, dalam waktu dekat akan melakukan uji coba Angkutan Kota (Angkot) yang menggunakan Air Conditioning (AC) dengan jumlah sebanyak 20 unit.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, bahwa pelaksanaan uji coba tersebut dilakukan guna mengecek kesiapan angkot ber-AC untuk segera diluncurkan di Kota Depok, Jawa Barat.

Menurutnya banyak item dan kesiapan yang perlu di cek ulang, karena kenyamanan dan keamanan penumpang adalah tetap yang utama.

“Mengaspalnya angkot AC ini juga perlu sosialisasi agar baik penumpang dan pengusaha angkutan bisa menyesuaikan dengan terobosan ini,” kata Dadang, dilansir portal depok.go.id, Selasa (29/9).

Dari keseluruhan 20 unit angkot ber AC yang akan diuji coba, sambungnya, nantinya akan disebar ke sejumlah trayek di Kota Depok.

Kadishub Kota Depok itu menggarisbawahi, bahwa adanya angkot ber AC bukan menggerus angkot lama, namun angkot yang lama harus diremajakan.

Ide angkot Ber AC ini, lanjutnya, berasal dari Organda sebagai organisasi angkutan yang tentunya akan didukung oleh pihak pemerintah. “Terlebih sesuai dengan tujuan kami untuk menciptakan angkutan perkotaan yang nyaman bagi masyarakat,” tuturnya.

Disebutkan oleh Dadang, selama proses  uji coba fasilitas yang ada di angkot ber AC akan dievaluasi, khususnya terkait seputar keamanan angkot AC yang harus ramah anak dan perempuan.  

“Fasilitas harus semakin baik, seperti CCTV dan kaca yang terang. Bahkan, bisa kita buat angkot khusus perempuan. Ini akan kami akan evaluasi saat uji coba nanti,” pungkasnya.

Berita: Red | Foto: Istimewa/Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: