Tindaklanjuti Inmendagri PPKM Level 4 dengan SE Gubernur, Pemprov Bali Diapresiasi Kemendagri

Denpasar |
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur terkait Pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 4 di Pulau Dewata tersebut.

Terbitnya SE Gubernur Bali tersebut menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 dan Level 3 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Untuk itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi langkah yang diambil pihak Pemprov Bali dalam penanganan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah berjulukan Pulau Seribu Pura itu.

“Kami mengapresiasi, Gubernur Bali melaporkan bahwa Pemprov Bali telah menindaklanjuti Inmendagri tentang PPKM Level 4 dengan mengeluarkan SE Gubernur untuk Penerapan PPKM Level 4 di Provinsi Bali,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori, dilansir laman kemendagri.go.id, Kamis (29/7).

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa progres realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), insentif tenaga kesehatan daerah (inakesda), bantuan sosial (Bansos), dan realisasi terhadap refocussing anggaran untuk penanganan dampak Covid-19 di Provinsi Bali.

“Diharapkan Provinsi Bali terus menggenjot realisasi anggaran untuk kebutuhan penanganan pandemi,” ujarnya, dalam Pertemuan Virtual Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia dengan Seluruh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Bali, dengan tema “Penanganan Covid-19”, Kamis (29/7).

Pertemuan virtual yang dipimpin oleh Wapres Ma’ruf Amin hari itu diikuti oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Jaksa Agung, Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito yang mewakili Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gubernur Bali, Bupati dan Walikota se Provinsi Bali, serta Satgas Covid-19 Provinsi, Kabupaten dan Kota se Provinsi Bali.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi langkah Pemprov Bali dan Kabupaten/Kota yang telah bekerja keras mengendalikan pandemi. Untuk itu, ia meminta agar kerja keras itu lebih ditingkatkan dalam membuat situasi landai dan normal kembali.

“Terutama dalam pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat, testing, tracing, treatment dan penanganan di rumah sakit,” pungkasnya.

Tak lupa, Wapres juga meminta penyerapan anggaran agar lebih dioptimalkan dengan melakukan koordinasi bersama kabupaten atau kota guna mempercepat penanganan Covid-19.

Berita: Gate 13 | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: