Tahun 2018 Pemerintah Targetkan Kemiskinan di Bawah 10 Persen

Jakarta |
Pemerintah menargetkan angka kemiskinan pada tahun 2018 bisa mencapai dibawah 10 persen dari total penduduk Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, 10,2 persen itu kemiskinan terendah sepanjang sejarah.

“Tahun ini kami harap di bawah 10 persen. Target ini sudah disampaikan di DPR dan diharapkan bisa tercapai,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, usai menghadiri sidang Kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Rabu (3/1).

Menurut Bambang pencapaian angka kemiskinan tahun lalu karena poverty rate nya turun tapi kedalaman dan keparahannya tambah jelek, namun pada tahun ini kedalaman dan keparahannya sedikit lebih baik.

“Untuk menurunkan angka kemiskinan dibawah 10 persen, maka perlu ada perbaikan pada kedalaman dan keparahan tersebut,” katanya.

Diungkapkan oleh Bambang, tingginya angka kemiskinan pada 2016 lalu akibat pemberian rastra dan subsidi di lapangan masih ada yang tidak tepat sasaran, tidak tepat jumlah dan tidak tepat waktu.

“Kalau tahun ini makin diperbaiki, maka upaya menurunkan 10 persen menjadi lebih mungkin,” pungkas Bambang Brodjonegoro.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *