July 23, 2024

Sukses di ASEAN Paragames XI 2022, Ini 4 Pencapaian Indonesia

Jakarta |
Kontingen Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dalam ajang olahraga ASEAN Paragames XI Tahun 2022. Tak hanya menjadi pemuncak raihan medali, Indonesia juga setidaknya mencatatkan empat sukses pada gelaran yang berlangsung di Kota Surakarta pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat menerima dan memberikan bonus apresiasi kepada para atlet ASEAN Paragames XI, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/11) pagi.

“Kita tahu bahwa ASEAN Paragames sudah berakhir pada Agustus yang lalu dan kita keluar sebagai juara umum. Ada empat sukses yang kami canangkan sejak awal, alhamdulillah sukses tersebut tercapai,” ujarnya.

Sukses pertama, lanjut Zainudin, adalah sukses penyelenggaraan. Zainudin menyampaikan, dengan persiapan yang singkat yang dilakukan sejak resmi ditunjuk menjadi tuan rumah oleh ASEAN Para Sport Federation (APSF) pada akhir Februari lalu, Indonesia mampu menyelenggarakan ajang ini dengan baik.

“Ini kerja luar biasa dari panitia dan semua peserta yang datang mereka puas dengan apa yang mereka dapatkan: pelayanan, kenyamanan, hospitality yang ditunjukkan oleh tuan rumah. Kita mendapatkan pujian dan apresiasi dari berbagai negara peserta tentang penyelenggaraan,” tandasnya.

Sukses kedua, Menpora menambahkan, adalah sukses prestasi. Menpora mengungkapkan, dengan sekitar 300 lebih atlet yang berlaga, Indonesia berhasil mengumpulkan 425 medali, dengan rincian 175 medali emas, 144 medali perak, dan 16 medali perunggu. Ini jauh di atas target medali emas yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 100 medali.

“Tentu ini luar biasa sekali prestasi ini, karena kerja keras dari Ketua Umum NPC [National Paralympic Committee] serta jajaran pengurus, kemudian Chef de Mission,” terangnya.

Menpora Zainudin Amali menambahkan, untuk sukses ketiga adalah sukses perekonomian daerah. Menpora menyampaikan, gelaran ASEAN Paragames mampu menggeliatkan perekonomian daerah Solo Raya bahkan Jawa Tengah dan sekitarnya mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan.

“Hotelnya penuh, transportasi susah kita cari, tempat-tempat makan penuh dan sebagainya. Ini akibat dari penyelenggaraan event ini berdampak pada menggeliatnya ekonomi daerah,” tuturnya.

Sukses terakhir, lanjut Menpora, adalah sukses administrasi. Ia mengatakan, pihak pemerintah telah meminta pendampingan dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kejaksaan Agung, hingga Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah untuk menjaga agar tidak terjadi penyimpangan dan penyelewengan terhadap uang negara.

“Kita tidak ingin tiga sukses ini sudah tercapai, administrasi kita jebol. Saya tidak ingin di antara kita sebagai penyelenggara begitu selesai tidak bisa mempertanggungjawabkan, bahkan bermasalah di belakang layar,” imbuhnya.

Berita: Red/Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.