Raih Swasti Saba Wistara 2019, Depok Siap Pertahankan Penghargaan Kota Sehat

Depok |
Pemerintah Kota (Pemkot) berhasil meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara, yaitu Penghargaan Tertinggi Kota Sehat 2019 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan diterima Wali Kota Depok Mohammad Idris, di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat, pada Selasa (19/11) lalu.

Untuk itu, Kota Depok bertekad akan terus mempertahankan prestasi tertinggi kota Sehat 2019 di tahun mendatang.

Sejumlah upaya mulai dilakukan oleh Forum Kota Depok Sehat (FKDS), diantaranya dengan menggelar pembinaan lokasi khusus (lokus) yang diberikan Forum Kota Depok Sehat (FKDS).

Ketua FKDS Elly Farida menuturkan, bahwa pembinaan lokus digiatkan guna meningkatkan kualitas kota sehat di Depok.

Menurut wanita yang akrab disapa Bunda Elly ini, nantinya seluruh pengurus FKDS akan langsung terjun ke 11 kecamatan, guna melihat lokus baru yang akan dimajukan pada penilaian kota sehat tahun 2020.

“Kita ingin melakukan pembinaan ini berjenjang, mulai dari tingkat kota melalui FKDS, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), serta Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat,” ujar Bunda Elly, dilansir depok.go.id, Kamis (21/11).

Lokus ini, sambungnya, dicari di 11 kecamatan agar saat penilaian tahun depan pengurus FKDS sudah lebih siap lagi. Selain melihat lokus baru, pengurus FKDS yang melakukan pembinaan juga akan mendata indikator eksisting tujuh tatanan dari tiap kelurahan.

Ditambahkan oleh Bunda Elly, pengurus FKDS juga akan meminta data kepada FKKS dan Pokja Kelurahan Sehat terkait 20 masalah prioritas mengenai kesehatan wilayahnya.

“Pembinaan ini akan berlangsung mulai dari 20 November hingga 3 Desember 2019 dengan satu kecamatan dilakukan sebanyak dua hari pembinaan dengan mengunjungi enam lokus,” imbuhnya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: