May 20, 2024

Stakeholder di Gianyar Siap Dukung KPU Sukseskan Pemilu Serentak 2019

Denpasar |
Dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mensukseskan Pemilu serentak 2019, terus mengalir dari stakeholder kepemiluan di penjuru negeri.

Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, menyatakan dukungannya kepada KPU Kabupaten Gianyar untuk sama-sama menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Hal tersebut Sikap ini ditegaskan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 yang digelar di ruang rapat kantor KPU Kabupaten Gianyar, Senin (21/1).

Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa tahapan pemilu saat ini telah memasuki masa kampanye, dan pengelolaan kelengkapan logistik di Tempat Pemunggutan Suara (TPS).

Oleh karena itu Tirta Suguna mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah Gianyar dalam mempersiapkan sarana dan prasarana  tempat penyimpanan logistik di tingkat kecamatan dan desa.

“Pada saat pra pemungutan suara maupun pasca pemungutan suara yang cukup memadai dan aman,” ujarnya dikutip laman kpud-gianyarkab.go.id, Senin (21/1).

Menurutnya, sarana dan prasarana penyimpanan kotak suara sangatlah dibutuhkan, karena mengingat kotak suara yang dipergunakan pada pemilu kali ini spesifikasinya berbeda dengan yang sebelumnya.

“Kotak suara yang dipergunakan pada Pemilu 2019 ini mempunyai spesifikasi yang berbeda dengan sebelumnya, serta dengan jumlah yang cukup banyak,” tutur Tirta Suguna.

Pada rakor ini juga dibahas terkait persiapan pelaksanaan kampanye rapat umum serta persiapan perekrutan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas pengamanan TPS yang bertugas pada hari pemungutan dan penghitungan suara 17 April 2019.

Terkait rekrutmen anggota KPPS, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan melarang masyarakat yang terlibat dengan partai politik dan telah menjadi petugas KPPS 2 periode untuk bertugas di Pemilu 2019.

Beragam tanggapan disampaikan dari berbagai unsur yang hadir hari itu, diantaranya TNI, Polri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gianyar, camat, serta Ketua Forum Kepala desa se Kabupaten Gianyar.

Sejumlah camat dan Ketua Forum Kepala Desa, terkait sarana dan prasarana yang menyatakan kesiapannya dalam menyukseskan tahapan distribusi logistik.

Sementara Kesbangpol Gianyar menyatakan siap memfasilitasi sesuai tupoksi untuk kelancaran penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Anggota DPR,DPD, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2019.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.