Pemerintah Janjikan Jadi CPNS, Bonus, dan Rumah untuk Peraih Medali Asian Games 2018

Jakarta |
Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan, pemerintah menyiapkan bonus besar bagi para atlet Indonesia yang mampu merebut medali pada Asian Games XVIII dan Asian Para Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

“Sesuai Keputusan Presiden atlet berprestasi akan mendapatkan bonus, bonus Asian Games dan Asian Para Games akan naik 250 persen tahun ini dari pada bonus sebelumnya,” kata Imam Nahrawi pada acara Doa dan Dukungan Energi untuk Sukses Atlet Indonesia di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3).

Selain bonus uang, tambah Imam, untuk atlet juga akan ada tambahan bonus berupa pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan satu unit rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Bonus saat ini sedang kami hitung dan kami telah mendapat jaminan dari Kemenkeu (Kementerian Keuangan) bahwa jika target emas terlampaui maka berapapun dana akan disiapkan dari Kemenkeu,” ungkap Menpora Imam Nahrawi.

Disamping itu, Menpora juga mengatakan, pemerintah sedangkan mempersiapkan bonus untuk pelatih, manajer, asisten pelatih, CdM dan pimpinan cabang olahraga serta pendukung lainnya.

Disebutkan oleh Imam, saat ini ada anggaran untuk bonus sekitar Rp 60 miliar, dengan asumsi tertentu jika nanti bonus melampaui kebutuhan nominal itu maka akan disiapkan anggaran baru dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dijelaskan Imam, bonus ini akan sama bagi atlet Asian Games dan atlet Asian Para Games. “Ketentuan ini telah berlaku sejak olimpiade dan Paralympiade Brasil, SEA Games Singapura dan Kuala Lumpur hingga Asian Games Jakarta tanpa membedakan sedikitpun, tuturnya.

Menurut Menpora dukungan untuk ‘gawe’ besar bangsa Indonesia ini akan ada beberapa bentuk misalnya  akan tertuang dalam tanda tangan di enam provinsi yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Palembang.

Disamping itu, juga akan ada bola raksasa yang akan digelindingkan ke 34 provinsi sebagai simbol menyongsong Asian Games 2018.

“Dukungan tanda tangan itu minimal 50 juta masyarakat Indonesia sebagai simbol bahwa Asian Games dan Asian Para Games adalah ‘gawe’ besar seluruh masyarakat Indonesia, terima kasih kepada sponsor yang mendukung acara ini,” ucap Menpora.

Sebelumnya, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana menyampaikan, kegiatan doa dan dukungan kepada atlet ini bertujuan agar atlet mendapat dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia dalam bentuk tanda tangan di 6 provinsi Jakarta, Bandung, Yogya, Surabaya, Bali, dan Palembang juga ada bola raksasa di 34 provinsi dan terus digelindingkan sebagai simbol menyongsong Asian Games.

Dijelaskan oleh Mulyana, kegiatan ini tanpa anggaran dana dari APBN dan murni sponsor-sponsor seperti Hydro Coco, Suzuki, GT Radial, Venom Audio, PT Indo Husada Hutama, Isuzu Astra Internasional, XL, MB Tech, Bank Mandiri, dan Bank BJB.

“Total ada 46 sponsor yang mendukung kegiatan ini dan 50 juta masyarakat media sosial,” ungkap Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga itu.

Tampak hadir saat kegiatan doa dan dukungan kepada atlet, antara lain Deputi II CdM Kontingen Indonesia Royke Lumowa, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edy Marsudi, para pejabat eselon I,II Kemenpora, pimpinan KOI, KONI, Inasgoc, Inapgoc, legenda olahraga tanah air Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti, atlet, pelatih, pimpinan cabang olahraga, dan para sponsor.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.