Optimis Berjalan Lancar, KPU Siap Selenggarakan Pemilu 2019

Jakarta |
Semakin dekatnya proses pemungutan suara, Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) makin optimis hajatan lima tahunan akan berjalan tepat sesuai rencana.

Indikator dari keyakinan ini dapat dilihat dari kesiapan sejumlah hal meliputi anggaran yang dibutuhkan, petugas yang menyelenggarakan hingga logistik yang akan digunakan yang telah sampai tahap menggembirakan.

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, terkait kesiapan anggaran, KPU RI telah bertanya langsung ke seluruh penyelenggara ditingkat kabupaten/kota maupun provinsi tentang kebutuhan anggaran tahapan pemilu untuk  masing-masing daerah. Hasilnya tidak ada satupun penyelenggara yang melapor kekurangan anggarannya.

“Tidak hanya untuk anggaran pelaksanaan 2018, tapi juga untuk 2019,” kata Arief puncak kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemilu 2019, di Jakarta Sabtu (17/11/2018).

Untuk kesiapan personel, Arief mengatakan bahwa disemua tingkatan hampir semua KPU telah terisi sesuai dengan jumlah masing-masing. Seperti untuk tingkat provinsi yang diatur 5-7 orang atau kabupaten sebanyak 5 orang.

“Ada sekitar 12 daerah yang tidak lengkap karena ada yang ikut seleksi KPU, Bawaslu provinsi lalu lolos. Tapi kalau kita lihat persentasenya kecil dibanding 514 kabupaten/kota,” kata Arief.

Adapun untuk kesiapan logistik, Arief melaporkan bahwa kotak dan bilik suara telah selesai produksi. Hanya logistik seperti tinta, sampul, hologram dan formulir belum proses produksi karena menunggu logistik lain untuk diproduksi secara bersamaan.

“Ini belun karena item kecil menunggu yang lain. Sementara surat suara diproduksi 2 Januari dan diharapkan pada Februari didistribusikan,” tutur Arief.

Berjalannya proses dan tahapan pemilu yang sesuai jadwal ini menurut Arief menguatkan keyakinan bahwa Pemilu telah siap untuk diselenggarakan. “Meyakini bahwa pemilu kita siap dilaksanakan,” tandasnya.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mempercayai penuh KPU mampu menyelenggarakan pemilu serentak untuk pertama kali dengam sukses dan lancar. Pengalaman menyelenggarakan pemilihan kepala daerah dengan sukses cukup bagi dirinya untuk menghilangkan segala kekhawatiran.

“Kalau saya boleh izin, KPU ini Kupinas (Kuasa Penuh Nasional. Dengan pengalaman KPU hingga daerah kami yakin konsolidasi nasional, kita memilih DPR DPRD presiden dan wakil presiden terlaksana baik,” tutur Tjahjo.

Rakornas sendiri dihadiri oleh 35 ribu penyelenggara pemilu baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Sehari sebelumnya, KPU juga telah melaksanakan pembekalan per divisi membahas berbagai hal untuk memperkuat tugas menyelenggarakan pemilu dengan sukses.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: