Kodam VI Mulawarman Gelar Ramah Tamah Sambut Kasdam Baru

Denpasar |
Komado Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman Rabu, (8/1), menggelar kegiatan ramah tamah penyambutan Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta yang menggantikan Mayjen TNI Ricard Tampubolon.

Acara ramah tamah yang dilaksanakan di aula Makodam VI Mulawarman, menyambut kedatangan Tri Hartanta yang menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) VI Mulawarman.

Sebelumnya posisi Kasdam VI Mulawarman sempat kosong selama kurang lebih satu bulan, usai ditinggalkan Mayjen TNI Ricard Tampubolon.

Sedangkan saat ini Mayjen TNI Ricard Tampubolon sudah menjabat sebagai Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, yang merupakan badan pelaksana tingkat pusat Mabes TNI yang berkedudukan di Tanjung Pinang.

Pada kesempatan itu, Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan jabatan Kasdam merupakan salah satu jabatan terpenting dalam pengendalian seluruh operasional Kodam.

“Termasuk juga urusan penambahan personil,” ujar Pangdam Mayjen TNI Subiyanto, dikutip laman Tribunnews, Rabu (8/1). Dirinya juga berharap dengan adanya Kasdam yang baru dapat membantu kinerja panglima Kodam dan operasional Kodam menjadi lebih baik.

Terlebih lagi Kodam VI dihadapkan dengan tantangan yang tidak mudah khususnya berkaitan dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ada di wilayah kerja Kodam VI Mulawarman sehingga prajurit dituntut paksa untuk berbenah diri kearah yang lebih baik.

Diakui oleh Mayjen TNI Subiyanto, dirinya sudah mengenal Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta saat keduanya sedang menempuh pendidikan. “Kita sudah saling mengenal satu sama lain karena dulu kita satu sekolah sudah dua kali,” ungkapnya.

Saling mengenal satu sama lain, sambung Subiyanto, akan memudahkan koordinasi. “Karena saya tentunya berharap Kasdam selaku kepala stafnya staf umum Kodam bisa membantu saya semaksimal mungkin,” tuturnya.

Menurut pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, dirinya sudah menjelaskan pada Tri juga bahwa ke depan tidak mudah dengan adanya pembangunan IKN.

“Kita berbenah diri di militer sendiri, dalam hal ini TNI yang ada di jajaran saya. Yang kedua bagaimana kita membantu pemerintah daerah untuk sama-sama mensukseskan IKN,” terangnya.  

Lebih lanjut Pangdam juga menjelaskan pengendalian logistik dan penambahan jumlah personil termasuk alutsista nantinya akan sepenuhnya berada dalam kendali Kasdam.

“Nanti beliau yang akan mengkoordinir seperti penambahan jumlah personil untuk IKN itu sendiri kemudian memikirkan alutsista beliau nanti yang ngurusin karena beliau kan kepala staf di sini,” lanjutnya

Selain itu, perwira tinggi TNI berpangkat bintang dua di pundaknya itu juga berharap kinerja TNI dapat bersinergi lebih lebih baik lagi kedepannya dengan pemerintah.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: