KLHK Rayakan 73 Tahun Kemerdekaan dengan Ajak Generasi Muda Tanam 800 Mangrove

Jakarta |
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 73, Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar kegiatan penanaman Mangrove, di Blok Elang Laut, Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Jumat (17/8).

Penanaman yang dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) PDASHL Ida Bagus Putera Parthama, sekaligus memperingati Hari Mangrove Internasional setiap tanggal 26 Juli.

Pada kesempatan itu, Dirjen PDASHL Ida Bagus Putera Parthama mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu pemilik hutan mangrove terbesar di dunia, sehingga merupakan suatu keharusan untuk terus menjaganya agar tidak rusak.

Kegiatan yang melibatkan generasi muda dari berbagai kalangan, memiliki tujuan mengajak dan menumbuhkembangkan kesadaran generasi muda di Indonesia terhadap kelestarian mangrove dan mempertahankan pengelolaan ekosistem berkelanjutan.

“Saya mengajak semua teman-teman agar terus menumbuhkan kesadaran untuk turut melestarikan mangrove,” tutur Dirjen IB Putera Parthama.

Dijelaskan oleh IB Putera, mangrove sendiri mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan. Mangrove dapat menjadi penahan abrasi dan tsunami.

Menurutnya, akar mangrove dapat menangkap endapan dan membersihkan kandungan zat-zat kimia dari air yang datang dari daratan dan sehingga tidak mencemari laut.

Hutan mangrove juga dapat menyerap karbon lebih banyak daripada hutan daratan, disamping juga menjadi tempat berkembang biak dan habitat fauna ekosistem payau.

“Lebih penting lagi, mangrove dapat mencegah intrusi air laut, yaitu masuknya air laut kedaratan dan mencemari air tanah,” tutupnya.

Pada kegiatan hari itu, dilakukan penanaman sebanyak 800 batang mangrove, dengan diikuti kurang lebih sebanyak 200 peserta yang teridiri dari pejabat dan karyawan KLHK, peserta Pramuka Saka Wanabakti, Karang Taruna Wana Wistara dan anak-anak binaan Yayasan Sahabat Anak.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa/Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: