Kabinda Bali dengan BI Bali Koordinasi Soal Ekonomi

Denpasar, (Restorasi News)
Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Bali Brigjen Pol I Wayan Sunarta berkunjung ke kantor Perwakilan Bank Indonesia di Denpasar, Jumat (20/1).

Kunjungan Kabinda I Wayan Sunarta didampingi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Ida Bagus Wibawa dan Staf Ahli Bidang Politik I Ketut Sukawati Lanang P Perbawa, guna membahas perkembangan ekonomi Provinsi Bali untuk tahun 2017.

Dalam kunjungan itu, ketiganya diterima oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Bali, Causa Iman Karana.

Diberitakan pada akhir tahun lalu, pertumbuhan perekonomian Provinsi Bali pada triwulan III 2016 mencapai 6,17 persen.

Pertumbuhan ekonomi Bali tersebut, bisa dikatakan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi secara nasional yang hanya sebesar 5,02 persen.

Sebelumnya, pencapaian perekonomian Bali mengalami perlambatan dibanding triwulan II-2016 yang sebesar 6,54 persen.

Hal itu disebabkan beberapa faktor, diantaranya kinerja konsumsi pemerintah, konsumsi Lembaga Non Profit Melayani Rumah Tangga (LNPRT), konsumsi rumah tangga dan investasi.

Disamping itu faktor penyebab lain adalah, perlambatan kinerja beberapa lapangan usaha yakni konstruksi, pertambangan dan penggalian.

Namun memasuki triwulan IV 2016, peningkatan dari sisi penawaran didorong oleh meningkatnya sebagian besar lapangan usaha utama Provinsi Bali.

Selain membahas perkembangan ekonomi di Provinsi Bali, pertemuan hari itu juga membahas potensi terjadinya kejahatan pencucian uang (money laundry) di wilayah hukum Bali.

Berita: Red | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.