Gubernur Koster Ajak Kampus UNUD Makin Berperan dan Berkontribusi untuk Pembangunan Bali

Denpasar |
Gubernur Bali Wayan Koster secara virtual menghadiri acara Sidang Terbuka Senat Peringatan Dies Natalis ke 58 Universitas Udayana (UNUD), di kediaman resmi Gubernur Bali Jaya Sabha, Denpasar, Bali, Selasa (29/9).

Pada sidang yang bertema ‘SDM UNUD Unggul, Mandiri, dan Berbudaya dalam Tatanan Kehidupan Baru’, Gubernur Koster mengajak UNUD semakin berperan serta berkontribusi terhadap pembangunan.

“Sesuai dengan visi misi Pemrprov Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana (PPSB) Menuju Bali Era Baru,” ujar Koster, dalam sambutannya.

Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, sambungnya, telah dijabarkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2019 tentang RPJMD Semesta Berencana Provinsi Bali.

“Salah satu misi adalah mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintergritas, bermutu, profesional dan bermoral serta memiliki jati diri yang kokoh berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal krama Bali,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Bali itu mengajak segenap perguruan tinggi untuk bahu membahu bersatu dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) Bali yang unggul.

Koster juga menyatakan kebanggaanya kepada UNUD yang merupakan kampus tertua dan terbesar di Pulau Dewata untuk bisa terus bekerjasama, konsisten untuk saling menghormati dan berkomitmen untuk memajukan pendidikan di provinsi yangberjulukan pulau seribu pura itu.

Kedepan Koster berharap, dengan berjalannya waktu UNUD bisa dijadikan sebagai ajang untuk selalu bersyukur, serta ajang untuk instrospeksi diri. “Sejauh mana UNUD telah berkontribusi untuk masyarakat dan negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor UNUD Raka Sudewi yang sebelumnya menjabarkan sejarah dan pencapaian UNUD selama 58 tahun, mengatakan berbagai program yang bertujuan untuk mencetak SDM unggul di Bali telah dilakukan.

Diantaranya adalah menjalin kerjasama dengan universitas maupun pemerintah khsusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali telah berlangsung selama ini.

“Salah satunya dalam penanggulang penyebaran Covid-19 di Bali.  Rumah Sakit PTN UNUD telah menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, dan telah berkontribusi dalam penanggulangan pandemi ini di Bali,” katanya.

Raka Sudewi juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Bali khususnya pada Gubernur Bali terhadap bantuan dana dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

“Bantuan tersebut telah dialokasikan di bidang pendidikan, yaitu untuk memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa terdampak serta untuk menambah fasilitas kesehatan bagi pelayanan pasien Covid-19 di RS Universitas Udayana,” ucapnya.

Ke depan, Rektor UNUD  itu berharap pihaknya bisa terus memberikan sumbangsih pikiran demi kemajuan bangsa serta kesejahteraan rakyat.

Pada acara hari itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berkesempatan menyampaikan arahannya kepada civitas akademika UNUD, serta berharap ke depan UNUD semakin kokoh dan berprestasi, baik di kancah nasional dan internasional.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani dalam orasi ilmiahnya mengatakan, bahwa sumber daya manusia yang berkarakter dan tangguh adalah kunci bagi Indonesia untuk dapat melalui berbagai tantangan.

“Pembentukan SDM berkarakter dan tangguh itu harus didukung pendidikan yang diarahkan membentuk SDM berakhlak mulia, berbudaya Indonesia, toleran, bergotong royong, cinta Tanah Air, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek),” pungkasnya.

Selain Presiden Jokowi dan Puan Maharani, acara hari itu juga dihadiri oleh bupati dan walikota se Bali, para konsul jenderal (konjen) negara sahabat di Bali, pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali, pimpinan perguruan tinggi se Bali, serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: