Gantikan Asman Abnur, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin Dilantik Jadi Menpan RB

Jakarta |
Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Syaruddin secara remi menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) untuk masa sisa jabatan periode tahun 2014-2019.

Pelantikan Komjen Pol Syaruddin dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8) pagi.

Syafruddin menggantikan pejabat sebelumnya Asman Abnur dengan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 142/P/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menpan RB Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode tahun 2014-2019 yang ditetapkan pada tanggal 14 Agustus 2018.

Asman Abnur menyatakan mundur dari jabatannya selaku Menpan RB, terkait sikap partai politiknya dalam pencalonan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2019 mendatang.

Usai dilantik, Menpan RB Syafruddin mengaku tidak mengira dirinya bakal ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Asman Abnur.

“Saya tidak mengira. Tadi malam pukul 20.30 WIB saya dipanggil Bapak Presiden ke Istana Bogor. Terus beliau menyampaikan bahwa saya akan dilantik hari ini, pagi ini, pukul 10.00 WIB untuk menjadi Menteri PANRB,” ujarnya.

Diungkapkan oleh Syafruddin, setelah semalam Presiden Jokowi menunjuk dirinya menjadi Menpan RB, malam itu juga dirinya menyerahkan jabatan Wakapolri kepada Kapolri.

“Memang begitu aturannya,” tutur Syafruddin. Menurutnya saat dirinya dilantik sebagai Menpan RB, status dirinya pun sudah menjadi sipil.

Sementara itu, terkait pekerjaan rumah seperti perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ada selepas kepergian Asman Abnur, Syafruddin mengatakan akan menyelesaikannya.

“Kita akan selesaikan sesuai dengan program yang sudah dilaksanakan 5 tahunan selama kepemimpinan beliau,” sebutnya.

Mengomentari kinerja Asman Abnur, Syafruddin menilai kinerjanya bagus. Program-program sudah berjalan dengan baik, dan diapresiasi dengan semua kementerian lembaga.

Diakui oleh Syafruddin, dirinya akan melanjutkan dan menyelesaikan program-program tersebut, karena sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Presiden Jokowi.

Saat pelantikan tampak dihadiri oleh pejabat tinggi negara, diantaranya Menko Polhukam Wiranto, Menhub Budi K Sumadi, Menkes Nila F Moeloek, Menlu Retno Marsudi, Menpar Arief Yahya, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menkumham Yasonna Laloy, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menpora Imam Nahrawi, dan Menko PMK Puan Maharani.

Selain itu juga hadir Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadji Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Jaksa Agung Prasetyo.

Berita: Sigit | Foto: Istimewa

One thought on “Gantikan Asman Abnur, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin Dilantik Jadi Menpan RB

  • August 30, 2018 at 3:15 pm
    Permalink

    Terimakasih untuk postingannya, sangat bermanfaat dan informative skali.
    Bisakah post kabar kabar terkini?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.