Duta Museum DKI Dapat Pengalaman ke Luar Negeri dan Jadi Relawan AMI

Jakarta |
Para Duta Museum DKI Jakarta yang terpilih dalam Grand Final pada 17 Desember yang lalu diberi kesempatan berpengalaman ke luar negeri dan terikat dengan AMI (Asosiasi Museum Indonesia) DKI Jakarta untuk menjadi relawan di museum-museum Jakarta saat diperlukan.

Juara Utama Duta Museum DKI Jakarta 2019 pasangan Jovin Christoper (19) dan Karina Aulia (23), keduanya mendapat tiket  Jakarta-Kuala Lumpur PP dari sponsor dan uang pembinaan masing-masing Rp 4 juta dari Bank DKI.

Ketua AMI DKI Paramita Jaya, Yiyok Trio Herlambang mengungkapkan di kantornya kepada Sandimerahputih.com Kamis (19/12). “Mereka dapat tiket dukungan sponsorship agar mendapat pengalaman ke luar negeri,” kata Yiyok.

Mereka juga akan dilibatkan dalam kegiatan kegiatan langsung di museum. Selain sebagai relawan dalam kepanitiaan yang setiap bulan dilakukan AMI DKI, juga pada event yang digelar bekerjasama dengan Disparbud DKI, diantaranya Ratek dan Bimtek, Hari Museum Internasional 18 Mei dan Hari Museum Indonesia 12 Oktober, serta kegiatan kebudayaan lain.

Pada grand final pemilihan Duta Museum DKI 2019 yang berlangsung di Museum Mandiri 17 Desember yang lalu, juri telah menetapkan Jovin Christoper (19) dan Karina Aulia (23) sebagai Juara Utama Duta Museum DKI 2019.

Jovin Christoper mahasiswa jurusan brodcasting Universitas dan Karina Aulia alumnus jurusan sejarah Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung itu mendapat hadiah uang pembinaan masing masing Rp 4 juta dari Bank DKI dan beasiswa pasca sarjana Universitas Mercu Buana serta tiket PP ke Kuala Lumpur dan menginap gratis 2 malam di resort wisata.

Penghargaan tersebut secara simbolis diberikan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta H Asiantoro mewakili Gubernur Anies Baswedan dan Ketua AMI DKI Jakarta Yiyok Trio Herlambang.

Sementara Wakil I Duta Museum DKI  diraih Syatria Agung Wibowo dan Danielle Grace. Masing masing mendapat uang pembinaan Rp 3 juta dari Bank DKI, beasiswa S2 dari Universitas Mercu Buana dan tiket PP Jak-Sing dari grup Lion dan lainnya.

Wakil II Duta Museum DKI adalah pasangan M Fathur Rizki dan Awaliyah Rizka mendapat beasiswa S2 Mercu Buana serta menginap gratis 2 malam di Gani Eco Resort dan di Reddorz se Indonesia, batik Betawi dan paket kosmetik.

Berikutnya  Harapan I pasangan  Abdullah Azhar Anwar dan Eggy Nurmahabbi. Harapan II pasangan Fikri Sutrisna Akmal dan Richel Megapaswati. Berempat mendapat beasiswa S2 Universitas Trisakti. Sementara predikat Favorit jatuh pada pasangan Sena Okto dan Adiva Cesha.

Ketua Panitia Budi Trinovari menjelaskan pemilihan Duta Museum DKI diselenggarakan AMI DKI Jakarta Paramita Jaya bersama PT Havindo Utama Sejahtera.

Audisi diikuti 40 orang peserta dan 1 Desember terpilih 20 orang yang mengikuti pembekalan di 6 museum bergiliran dan terakhir dikarantina di Graha Wisata TMII sebelum berlomba di Grand Final.

Para finalis tersebut diperkenalkan pula pada pertemuan Museum, Galery dan Monumen (Mugalemon) AMI DKI di aula Balai Litbang Kemenkes di Jl Percetakan Negara 23 Jakarta Pusat 11 Desember yang lalu.

Grand Final dihadiri para pimpinan museum se DKI dan komunitas pecinta museum dan budaya dengan hiburan lenong Harry de Fretes serta master ceremony Indra Bekti dan partner.

Jovin sebagai Duta Wisata Utama ketika ditanya sandimerahputih.com menyatakan dia akan berkolaborasi dengan para Duta Wisata DKI lainnya menggalakkan museum agar digemari masyarakat, khususnya generasi millenial.

Tercatat di DKI Jakarta tercatat 82 museum termasuk 21 museum yang berada di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sedangkan untuk seluruh Indonesia tercatat 439 museum.

Berita: Pri | Foto: Pri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: