Budi Gunawan Resmikan Patung Bung Karno di Kantor Binda Bali

Denpasar |
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan melakukan kunjungan ke kantor Badan Intelijen Daerah (Binda) Bali, yang terletak di Jalan Cok Agung Tresna, Renon Denpasar, Bali, Sabtu, (23/12).

Disela-sela Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berserta pejabat tinggi negara lainnya, Kepala BIN Budi Gunawan didampingi Kepala Binda Bali Brigjen Pol Drs I Wayan Sunarta meresmikan patung Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Presiden Ir Soekarno.

Serangkaian acara peresmian diisi dengan penyampaian sambutan dan penandatangan pada prasasti patung Bung Karno oleh Kepala BIN, yang disaksikan Kabinda Bali beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Budi Gunawan meminta kepada jajaran Binda Bali agar tetap menjaga soliditas dalam bekerja demi persatuan dan kesatuan NKRI.

“Jaga soliditas demi menjaga kesatuan dan persatuan NKRI, dari acaman baik internal maupun eksternal,” ujar Kepala BIN Budi Gunawan.

Terutama Bali sebagai destinati pariwisata oleh wisatawan lokal maupun manca negara, sambung Budi Gunawan, Bali merupakan pintu gerbang dunia.

Sementara itu, Presiden Jokowi pada Jumat (22/12), melakukan kunjungan ke Bali dan menggelar Ratas di Wisma Diklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Werdhapura, Sanur, Bali.

Dalam Ratas tersebut, pemerintah memutuskan untuk meniadakan atau mencabut status AWAS Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, sehingga status tanggap darurat Bali tidak lagi berlaku.

Pemerintah berharap tidak menimbulkan multi tafsir bagi negara-negara yang selama ini menganggap bahwa status tanggap darurat itu membuat mereka menjadi “ketakutan” sehingga mengeluarkan travel ban.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kepada wartawan usai Ratas menyebutkan, sebagai bukti Bali aman dikunjungi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarga pada 29 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 akan berlibur dan menghabiskan waktu tahun baru di Bali.

“Ini menunjukan bahwa Bali betul-betul aman,” pungkas Seskab Pramono Anung.

Berita: Sigit|IBW | Foto: Istimewa/Dok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *