July 15, 2024

Bahas Restorative Justice, Bareskrim Polri Gelar Rakernis di Bali

Denpasar |
Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri selenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) fungsi Reskrim Tahun Anggaran (TA) 2022, sejak 7 sampai dengan 9 Juni 2022, bertempat di Hotel The Westin, Nusa Dua, Bali, Selasa (7/6).

Acara rakernis dibuka langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, juga dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Bareskrim Polri, seluruh Dir Reskrimum, Dir Reskrimsus maupun Dir Narkoba seluruh Indonesia.

Sementara selaku tuan rumah, daerah berjulukan ‘Pulau Seribu Pura’ diwakili oleh Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana besera jajarannya.

Dalam sambutannya, Kabareskrim Polri menyampaikan bahwa bagaimana kedepannya Reserse dapat memenuhi harapan dan keinginan masyarakat sehingga tantangan penegakan hukum dapat diwujudkan.

Selain itu, Kabareskrim Polri juga menyinggung soal Restorative Justice atau keadilan restoratif yang harus dikedepankan dalam penanganan perkara. Menurutnya Restorative Justice dapat memberi kepastian hukum hingga keadilan bagi masyarakat.

“Sehingga kedepan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik yang menyentuh keadilan masyarakat, semakin hari dapat diperbaiki dengan Restorative Justice,” ujar Komjen Pol Agus Andrianto.

Bareskrim Polri, sambungnya, mengedepankan hukum progresif dalam penyelesaian perkara melalui Restorative Justice yang tidak hanya melihat aspek kepastian hukum namun pada kemanfaatan dan keadilan.

“Sementara pengaduan masyarakat didominasi kategori penerapan hukum dan sikap petugas Polri,” ungkap Kabareskrim.

Komjen Pol Agus Andrianto juga mengingatkan ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh jajaran Bareskrim Polri, yakni peningkatan kinerja penegakan hukum, pembenahan budaya organisasi dan peningkatan komunitas publik.

“Rakernis ini juga membahas soal percepatan pemulihan ekonomi nasional. Dalam acara Rakernis ini, kami juga menghadirkan berbagai narasumber yang sebagian besar pejabat kementerian atau lembaga terkait yang berhubungan langsung dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional,” ungkapnya lagi.

Sehingga menurutnya dapat membangun pengertian, pemahaman dan persamaan persepsi seluruh jajaran Bareskrim sampai ke kewilayahan dalam rangka memberikan kontribusi terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Sebagaimana yang telah diperintahkan Bapak Kapolri,” tegas Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Pembukaan Rakernis Bareskrim Polri secara resmi dibuka, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kabareskrim Polri yang diiringi dengan tepuk tangan meriah para peserta Rakernis. Diharapkan acara ini berjalan lancar sampai dengan penutupan acara.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.