Anggota Polairud Polda Babel Dapat Kejutan dari Kapolda

Denpasar |
Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung (Kep Babel) menggelar apel yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kep Babel Irjen Pol Yan Sultra, di lapangan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Kep Babel, Rabu (2/11).

Pada kegiatan apel tersebut Kapolda Babel tampak didampingi oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Kep Babel Kombes Pol Philemon Ginting, dan Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Kombes Pol Julihan Muntaha.

Secara khusus Kapolda Kep Babel memberikan arahan kepada anggota Polair yang berjumlah 111 personil, Kapal Bantuan Kendali Operasi (BKO) Mabes 8 personil, dan BKO Heli 4 personil.

Foto: Istimewa/Dok.

Kepada para personil yang hadir, Irjen Pol Yan Sultra mengatakan bahwa anggota Polair mempunyai tugas yang tidak mudah, karena secara geografis Kepulauan Babel terdiri dari 520 jumlah pulau-pulau dan dikelilingi oleh perairan.

“Lakukanlah tugas pokok kepolisian dengan memberikan pelayanan pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat, serta selalu mempedomani Tribrata dan Catur Prasetya,” ujarnya.

Kapolda Kep Babel juga menyampaikan beberapa penekanan, diantaranya yang pertama adalah terkait kejahatan tindak pidana narkoba.

“Jangan ada anggota yang terlibat baik sebagai pengguna apalagi menjadi pengedar ancamannya akan dipecat dengan tidak hormat (PDTH). Karena kejahatan narkoba yang terjadi itu berasal dari prilaku, kebiasaan dan teman. Itu yang menjerumuskan anggota bisa terlibat narkoba. Kita ketahui Babel banyak terdapat wilayah jalur-jalur tikus dan menjadi kewajiban anggota Polair untuk menjaga masuknya narkoba dari pelabuhan-pelabuhan tikus tersebut,” tegasnya.

Kedua, sambung Yan Sultra, Provinsi Kep Babel mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya yaitu adalah timah dan hasil timah banyak diambil baik dari darat maupun dari laut. Selaku Kapolda, dirinya mengingatkan jangan sampai ada anggota yang ‘bermain’ apalagi membekingi kegiatan penambangan ilegal.

“Anggota Polair wajib bertugas menjaga dan melakukan penindakan terhadap kegiatan pertambangan yang bersifat ilegal, jangan pernah takut, lakukan penindakan dengan sesuai prosedur, terukur, dan humanis,” tandasnya.

Lebih lanjut, yang ketiga Kapolda Kep Babel menyebutkan belakangan ini citra Polri di mata masyarakat memang menurun karena diakibatkan ulah oknum-oknum anggota yang menciderai kepercayaan masyarakat maupun profesi Polri.

Oleh dari itu dirinya mengimbau kepada anggota Polair jangan sampai ada yang melakukan kegiatan-kegiatan atau pelanggaran yang bakal menambah citra Polri menjadi semakin buruk.

“Diharapkan anggota Polri hidup sederhana, apabila mempunyai warisan atau harta yang berlebih jangan menciptakan kecemburuan terhadap masyarakat, salah satunya bergaya hidup mewah atau hedonisme,” kata Irjen Pol Yan Sultra berpesan.

Foto: Istimewa/Dok.

Keempat, lanjutnya, Direktorat Polairud merupakan kesatuan yang didukung dengan sarana dan prasarana (sarpras) seperti kapal, kendaraaan, sarana dan prasarana pendukung SAR.

Yan Sultra menggarisbawahi, sarpras tersebut merupakan aset negara yang diberikan kepada institusi Polri untuk dijaga dan dirawat dan diperlukan semaksimal untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Oleh karenanya agar memberikan pelayanan perlu didukung SDM yang terlatih dan terdidik, sehingga anggota harus dibekali dengan kemampuan-kemapuan dengan bentuk kegiatan-kegiatan pelatihan,” tuturnya.

Kemudian yang kelima, Kapolda Kep Babel juga menekankan atas perintah Presiden Republik Indonesia (RI) agar seluruh anggota Polri tetap solid baik internal maupun eksternal.

“Karena apabila kita solid baik aparat Polri maupun TNI, akan menjadi kekuatan negara yang sangat kuat. Sehingga kita dapat menjaga baik keamanan, ketertiban, maupun pertahanan yang membantu atau mendukung pembangunan nasional,” tambahnya.

Pada arahan yang keenam, Kapolda Kep Babel mengingatkan bahwa dalam waktu dekat pada tanggal 1 Desember, Ditpolariud akan merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke 72. Menurutnya usia yang sedemikian bagi suatu organisasi sudah terbilang matang.

“Harus maksimal dalam memberikan pelayanan serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Babel. Jangan sampai ternodai atau tercoreng akibat salah satu oknum anggota Polair yang melakukan pelanggaran,” katanya mengingatkan.

Terakhir yang ketujuh, Kapolda Kep Babel Irjen Pol Yan Sultra menyebutkan atensi terhadap perkembangan cuaca yang belakangan tingkat curah hujan mulai meningkat, maka dari itu ia berharap anggota Polair untuk mewaspadai akan adanya bencana alam.

“Apakah itu banjir ataupun gelombang tinggi yang berdampak kepada kecelakaan (laka) laut. Anggota Polair bersama instansi terkait seperti Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan lainnya, serta memberikan respon pertolongan SAR kepada korban di laut,” tutupnya.

Kejutan untuk 13 anggota yang berulang tahun di bulan November

Sebelumnya di sela-sela kegiatan, Kapolda Kep Babel Irjen Pol Yan Sultra memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada anggota Polairud Polda Babel serta memberikan penghargaan atas dedikasi dan inovasi telah merestorasi dan memodernisasi Pangkalan Sandar Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Babel di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Dengan direnovasinya pangkalan sandar tersebut Kapolda Kep Babel telah melakukan penandatanganan batu prasasti guna lebih meningkatkan pelayanan dan menjaga keamanan dari kejahatan yang terjadi di wilayah perairan Muntok khususnya.

Foto: Istimewa/Dok.

Di kesempatan yang sama, Kapolda Kep Babel Irjen Pol Yan Sultra memberikan kejutan berupa tumpeng serta tali asih kepada 13 anggota Polairud Polda Babel yang berulang tahun di bulan November ini.

Mereka yang mendapat kejutan perayaan ulang tahun, antara lain Robiansyah, Suherman, Endro Noviyanto, Andri Pramana, Tommy Susanto, Debby Putra, Hafiza, Dede Ardhika, Ricky Rivaldi, Ahmad Nur Fauzan, Harry Pratama, dan Rico Andiguna.

Robiansyah, salah satu anggota yang merayakan ulang tahun menyatakan apresiasi dan terima kasih atas atensi yang diberikan oleh Kapolda Kep Babel Irjen Pol Yan Sultra. “Bangga dan bahagia dapat penghormatan ulang tahun dirayakan oleh Bapak Kapolda,” ucapnya.

Berita: Gate 13 | Foto: Ist./Dok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.