Sekber Bentuk Desk Pilkada, Ini Kata Ketua KPU Depok

Depok |
Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sudah semakin dekat, sejumlah nama sudah bermunculan dalam bursa Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Depok 2020.

Demi menjaga independensi tugas jurnalis terkait pemberitaan, Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Kota Depok membentuk Desk Pilkada Kota Depok 2020 dibawah naungan salah satu kelompok Kerja (Pokja) Sekber, yaitu Lembaga Kajian Sekber Wartawan (LKSW).

Ketua Presidium Sekber Wartawan Kota Depok Herry Budiman mengemukakan, bahwa dibentuknya Desk Pilkada Kota Depok 2020 merupakan langkah nyata peran dan fungsi pers dalam bentuk partisasipasi aktif turut mensukseskan Pilkada Kota Depok yang akan bergulir dalam waktu dekat.

“Kita harus membuat masyarakat cerdas pilkada. Mereka harus memahami profil para calon pemimpinnya dengan baik. Namun begitu media wajib netral, jangan pilih-pilih calon untuk diekspos,” ujar Herry, di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Jumat (19/6).

Menurutnya peran aktif media mensukseskan pilkada salah satunya adalah membantu meningkatkan partisipasi pemilih, serta harus berperan aktif mensosialisasikan tahapan-tahapan penyelenggaraannya.

“Masyarakat harus tahu dan paham hal-hal terkait pelaksanaan pilkada. Bangun sinergitas dengan KPU dan Bawaslu,” ujar Herry, saat memberikan arahan kepada peserta Desk Pilkada Kota Depok 2020.

Sementara itu, terkait dibentuknya peserta Desk Pilkada Kota Depok 2020 oleh Sekber Wartawan Depok, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Nana Shobarna menyatakan menyambut baik insiatif tersebut.

Disebutkan oleh Nana, pihaknya selalu menerima apapun yang dilakukan kelompok masyarakat untuk mendukung suksesnya pilkada di Kota Belimbing tersebut. “Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung,” katanya melalui pesan WhatApp.

Menurutnya, kesuksesan pilkada tidak hanya menjadi peran penyelenggara tapi semua stakeholder perlu terlibat. Ia menegaskan, jika semua stakeholder dan masyarakat bahu membahu maka pesta demokrasi yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kita sangat optimis pelaksanaan pilkada akan berjalan sesuai harapan, terlebih pilkada yang akan kita laksanakan ini ditengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Selama niat dan tujuan dibentuknya Desk Pilkada Sekber untuk kebaikan kota Depok, sambungnya, maka tidak ada alasan bagi masyarakat Depok untuk tidak mendukung.

“Bukan untuk kepentingan sesaat, bukan untuk kepentingan seseorang, dan bukan untuk kepentingan golongan tertentu,” pungkasnya.

Sementara terkait pelaksanaan teknis dilapangan nantinya, Kordinator Desk Pilkada Sekber Putra Gara menambahkan, bahwa dengan dibentuknya Desk Pilkada ini bertujuan untuk menjaga independensi tugas jurnalis dalam pemberitaan.

Dijelaskan oleh Gara, nantinya pada saat pelaksanaan kerja setiap anggota Desk Pilkada bentukan Sekber tersebut akan diterjunkan ke setiap Bakal Calon (Bacalon) Pilwakot Depok 2020.

“Seluruh kandidat dapat diberitakan semua kegiatannya oleh anggota Sekber dengan jumlah 2 atau 3 orang, sampai para Bacalon tersebut resmi ditetapkan menjadi calon oleh KPU,” imbuhnya.

Berita: Mh | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: