Gelar Voting, DPRD DKI Jakarta Tetapkan 5 Komisioner KIP Pilihan

Jakarta |
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta secara resmi telah menetapkan 5 orang komisioner KIP DKI Jakarta melalui proses voting (pemilihan langsung).

Sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 134/-082.7, para kandidat terpilih tersebut sebelumnya juga telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan bersama 15 kandidat lain.

Mereka yang terpilih antara lain Harry Ara Hutabarat dengan perolehan 15 suara, Aang Muhdi Gozali dengan 14 suara, selanjutnya Nelvia Gustina, Arya Sandhi Yudha dan Harminus dengan masing-masing 12 suara.

Terpilihnya 5 komisioner tersebut diharapkan mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkualitas dalam menyelesaikan perselisihan sengketa informasi publik berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).  

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, bahwa hasil keputusan tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada pimpinan DPRD.

“Kemudian disampaikan ke Gubernur DKI untuk diputuskan lewat SK Gubernur,” ujar Mujiyono, di Jakarta, Rabu (23/9).

Dirinya berharap, dengan terpilihnya 5 komisioner tersebut dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, serta mampu bersinergi dengan DPRD sehingga kedepannya KIP lebih berkualitas.

Dijelaskan oleh Mujiyono, mekanisme yang dipakai dalam fit and proper test berupa tanya jawab dengan tujuan untuk menggali seberapa besar pengetahuan peserta akan persoalan keterbukaan informasi publik.

Terlebih dengan berakhirnya masa jabatan KIP DKI Jakarta periode 2016-2020 lalu, maka lembaga negara ini tidak boleh absen demi menyelesaikan perselisihan sengketa informasi publik.

“Jangan hanya menggugurkan kewajiban, mereka harus bisa memberi kontribusi informasi yang baik. Makanya kita tanya juga visi misi pendalaman program kerja untuk kedepan,” tuturnya.

Dilokasi yang sama, Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua juga berharap kandidat yang terpilih mampu mengemban tugas dengan baik dan manfaatnya bisa dirasakan oleh warga Ibukota Jakarta.

“Mudah-mudahan hasil yang kita capai ini, orang yang terpilih bisa memberikan manfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu , Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi melalui akun Twitter miliknya mengemukakan harapannya kepada 5 komisioner terpilih agar mengajak masyarakat untuk bijak dalam mengelola ataupun menyerap informasi yang didapat.

“Mampu meningkatkan kesadaran kritis masyarakat agar mampu mengakses dan menggunakan informasi secara bertanggungjawab,” tulis Prasetio Edi, Kamis (24/9).

Disamping itu, ia juga meminta mereka untuk dapat aktif berpartisipasi dalam proses pembuatan serta pelaksanaan kebijakan publik dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

Prasetio tak lupa mengucapkan selamat kepada para komisioner KIP DKI Jakarta terpilih tersebut. “Selamat kepada lima komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) DKI Jakarta yang telah terpilih,” pungkasnya.

Berita: Red/Sigit | Foto: Istimewa/Twitter @PrasetyoEdi_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.