DKUM Kota Depok Bakal Luncurkan Program ‘Koperasi Go Digital’ Bertema ‘Bersama Kita Bisa’

Depok |
Keberadaan dan peran koperasi dalam kehidupan masyarakat terbilang cukup penting karena memiliki prioritas mensejahterakan, khususnya bagi anggota koperasi itu sendiri.

Oleh karena itu, jika peran dan fungsi koperasi dimaksimalkan sebaik mungkin ada harapan besar taraf hidup masyarakat bisa meningkat dan semakin membaik.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Divisi Koperasi Sekber Wartawan Sejahtera (SWS) Agus Prabowo. Divisi Koperasi SWS merupakan salah satu Kelompok Kerja (Pokja) dari Sekretaris Bersama (Sekber) Wartawan Kota Depok.

“Disamping bisa mensejahterakan anggotanya, keuntungan membangun koperasi dibandingkan dengan model usaha lain adalah setiap anggota mempunyai hak suara yang sama dalam setiap mengambil keputusan. Semua berdasarkan pada musyawarah dan mufakat anggota,” ujar Agus kepada awak media di Depok, Jawa Barat, Selasa (29/9).

Ditambahkan olehnya, bahwa koperasi juga memiliki tujuan membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur.

“Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan UU Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 3 Tentang Koperasi,” sebut Agus yang juga aktif sebagai pengurus di salah satu organisasi advokat nasional.

Sebelumnya para pengurus dan anggota Koperasi SWS Sekber Wartawan Kota Depok menggelar kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) guna melaporkan kegiatan koperasi, keuangan dan sebagainya pada Kamis (23/7) lalu.

Acara yang digelar di Gedung Balai Latihan Koperasi (Balatkop) Kota Depok, Jawa Barat, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kota Depok Hardiono, yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota Koperasi SWS Sekber Wartawan Kota Depok.

Luncurkan Program ‘Koperasi Go Digital, Bersama Kita Bisa”

Sementara itu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah bersiap menjalankan beberapa program-program unggulan untuk membantu dan mendorong kemajuan para pelaku atau sumber daya manusia (SDM) koperasi di kota yang terletak di sebelah selatan DKI Jakarta itu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Andy Kuswandi mennyampaikan, bahwa Pemkot Depok dalam hal ini DKUM Kota Depok akan meluncurkan program ‘Koperasi Go Digital’ dengan tema ‘Bersama Kita Bisa’.

Menurutnya tujuan dicanangkan program ‘Koperasi Go Digital’ agar koperasi di Kota Depok dapat terus tumbuh dan berkembang serta daya saing koperasi meningkat sesuai dengan tuntutan anggota dan masyarakat.

“Nantinya pembinaan dan bantuan yang diberikan oleh pihak DKUM Kota Depok, antara lain mulai dari peningkatan kompetensi SDM, permodalan, dan perluasan pemasaran,” terang Andy Kuswandi.

Dirinya merinci, beberapa hal yang sudah disiapkan oleh DKUM Kota Depok secara komprehensif untuk diberikan kepada para penggiat usaha koperasi, diantaranya adalah pelatihan manajemen usaha retail dan pelatihan manajemen usaha simpan pinjam.

“Disamping itu juga akan dilakukan kegiatan sertifikasi pengelola usaha retail dan sertifikasi pengelola usaha simpan pinjam, kemudian disusul juga diadakannya bantuan perkuatan permodalan,” jelasnya.

Diterangkan oleh Andy, sesuai dengan judul kegiatannya yaitu Koperasi Go Digital, DKUM Kota Depok  juga menyiapkan berbagai aplikasi usaha retail berbentuk perangkat lunak (software), berupa aplikasi usaha simpan pinjam, aplikasi laporan keuangan, aplikasi manajemen database anggota, dan aplikasi online terintegrasi.

“Yang menarik dalam program DKUM kota Depok adalah adanya bantuan modal untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) anggota koperasi,” tutur Andy menambahkan.

Para pelaku usaha koperasi itu juga dibantu dengan jaringan pemasaran produk UMKM. Semua transaksi tentunya dilakukan dengan cara sistem pembayaran secara online atau Payment Point Online Bank (PPOB) dengan memanfaatkan fasilitas perbankan bekerjasama dengan Bank Jabar (BJB).

Terakhir, Kabid Pengawasan DKUM Kota Depok Andy Kuswandi juga berharap kedepannya program-program koprehensif itu bisa berjalan dengan lancar, sehingga dapat memajukan SDM dan para pelaku usaha koperasi. “Harapan saya agar Depok kedepannya bisa jadi kota koperasi,” pungkasnya.

Berita: Mh/Ags | Foto: Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.